Festival Diaspora Indonesia Perdana, Pasar Senggol Turki

Agama  
PPI Turki

Istanbul – Pasar Senggol Turki merupakan sebuah festival perdana yang memamerkan dan memasarkan produk, jasa serta memamerkan budaya Indonesia di Turki. Pasar Senggol menjadi wadah harapan dan kegiatan yang sangat dinanti

oleh diaspora Indonesia di Turki dan masyarakat Turki sendiri. Fokus Pasar Senggol perdana yang dilakukan di tahun 2022 ini adalah merujuk pada bidang ekonomi dan kebudayaan.

Pasar Senggol ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh tim Pasar Senggol dan PPI Turki yang berkolaborasi dengan dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di İstanbul. Acara ini juga menjadi acara besar pertama secara offline setelah beberapa tahun kebelakang ini segala kegiatan sangat terbatas karena pandemi covid-19.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Festival perdana Pasar Senggol Turki ini akan diadakan pada hari Minggu 5 Juni 2022 mendatang pada pukul 10.00 TRT atau pukul 14.00 Waktu Jakarta (UTC+4). Festival ini akan berlangsung di Halic Congress Center, Istanbul. Ajang ini dilaksanakan untuk mengenalkan berbagai produk-produk dan jasa Indonesia di Turki.

Pasar Senggol ini akan dimeriahkan langsung oleh berbagai diaspora penggiat ekonomi Indonesia yang berada di Turki, yakni oleh BUMN, oleh WNI yang datang langsung dari Indonesia, bahkan dari market asing pun turut berpartisipasi dalam festival ini. Tak hanya pameran produk, kuliner, barang, dan jasa, Festival Pasar Senggol ini juga akan dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya serta karnaval dan fashion show. Salah satunya terdapat penampilan tari daerah yang akan dibawakan langsung oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Turki.

Dengan mengusung tema “Membangun Diaspora Berbudaya dan Berwirausaha” Festival ini akan menyampaikan misi dan nilai budaya Indonesia yang akan dipromosikan kepada masyarakat Turki dan mancanegara. Tak hanya untuk mengenalkan produk-produk lokal dan kebudayaan Indonesia ke masyarakat Turki, tujuan Festival Pasar Senggol juga tak lain adalah sebagai wadah untuk mengembangkan aktifitas perekonomian diaspora Indonesia yang telah surut di masa pandemi.

PPI Dunia beserta Kementerian BUMN sepertI BRI, Telkom dan pengusaha lainnya yang berdomisili di Turki juga turut andil sebagai kolaborator untuk menyukseskan kegiatan ini.

Acara Festival ini dihadirkan sebagai pencetus festival tahunan yang akan diadakan oleh para diaspora Indonesia di Turki. Festival ini menjadi langkah awal yang baik bagi para diaspora Indonesia di Turki untuk dapat meningkatkan kerjasama ekonomi antar negara, serta dapat mengenalkan juga melestarikan kebudayaan Indonesia di Turki.

Dengan adanya festival ini, diharapakan para diaspora dapat meningkatkan kerjasama ekonomi antar negara serta dapat melestarikan kebudayaan Indonesia di Turki. Selain itu juga dapat mendorong terciptanya produk unggulan yang dapat dipasarkan di pasar bebas di Turki dengan sasaran, arah dan strategi yang baik dan benar. (Chusna/Yaya)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Awardee Turkiye Burslari 2020 Magister Tafsir of Sakarya UniversityMedia Pers PPI TurkiHidup kaya raya mati masuk surga

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image