News

Diaspora dan KJRI Istanbul Gelar Pasar Senggol Turki 2024, Dihadiri 4000 Pengunjung

Sumber: Pasar Senggol Turki

 

Istanbul, 28 September 2024 – Pasar Senggol Turki 2024 sukses diselenggarakan di Pusat Seni Kebudayaan Haskoy, Istanbul, pada hari Sabtu, 28 September 2024. Acara yang digelar oleh Diaspora Indonesia ini mendapatkan dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, dengan tujuan mempromosikan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia kepada masyarakat Turki serta warga internasional di Istanbul.

Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai produk kerajinan tangan, pakaian tradisional, hingga kuliner khas Indonesia. Sebanyak 51 booth UMKM hadir di Pasar Senggol. Pengunjung dapat mencicipi makanan seperti sate, nasi goreng, rendang, dan jajanan pasar lainnya. Selain itu, terdapat pula pertunjukan seni seperti tari tradisional dan musik angklung yang memperkaya suasana festival dengan nuansa Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terdapat kurang lebih 4000 pengunjung dari 37 negara, yang datang untuk menikmati keunikan budaya dan kuliner Indonesia. Pengunjung dari berbagai latar belakang budaya, termasuk warga lokal Turki, pelajar internasional, hingga wisatawan asing, berbondong-bondong datang untuk merasakan pengalaman otentik khas Indonesia.

Dalam sambutannya, Konjen RI di Istanbul Bapak Darianto Harsono menyampaikan apresiasi yang tinggi atas antusiasme dan kolaborasi yang terjalin antara Diaspora Indonesia dan KJRI Istanbul.
"Acara ini tidak hanya menjadi ajang promosi budaya, tetapi juga mempererat hubungan antarbangsa, khususnya antara Indonesia, Turki dan negara lainnya," Terang Darianto.

Pasar Senggol Turki menjadi tempat berkumpulnya tidak hanya warga Indonesia yang tinggal di Turki, tetapi juga masyarakat Turki yang tertarik dengan kebudayaan Indonesia serta wisatawan asing yang sedang berada di Istanbul. Para peserta acara mengaku sangat senang bisa menikmati suasana yang mengingatkan mereka pada suasana pasar tradisional di Indonesia.

Penyelenggara Pasar Senggol Linda Duristi bersama Pariani menyampaikan harapannya untuk Acara ini agar dapat terus berlanjut setiap tahunnya sebagai bagian dari upaya Diaspora Indonesia dalam memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ke dunia internasional, sekaligus memperkuat hubungan diplomatik dan kultural antara Indonesia dan Turki.

"Harapannya Pasar Senggol setiap tahunnya lebih meriah lagi, Alhamdulillah ini tahun ke-3 setelah lahir, merangkak kemudian menjadi besar, dan ini merupakan harapan bagi para diaspora Indonesia dan warga negara Asing yang cinta terhadap Indonesia" Pungkas Linda.

Berita Terkait

Image

TIDAR Turki Adakan Nobar Debat Capres, Agha: Menjalin Kerukunan Sesama Anak Bangsa

Image

Welcoming Party PPI Dunia 2023, Wawasan Memahami dan Membangun Semangat Berorganisasi

Image

KAG Bersama PCINU Turki dan PPI Bursa Sukses Persembahkan Lagu Kado HUT Turki ke-100