Kenal Lebih Dekat 3 Ragam Pastry Khas Turki

Kuliner  

Bursa – Cita rasa Turki dengan bahan dan rempah khas menghasilkan rasa gurih yang cocok untuk lidah orang Indonesia. Salah satu dari sekian banyak makanan khas Turki yang paling sering ditemukan adalah Börek. Börek merupakan pastry yang umum dikonsumsi di negara Timur Tengah, Asia Tengah, dan Negara Balkan. Börek di Turki terbuat dari adonan kulit tipis lalu diisi dengan daging, keju, dan kentang, dll. Di Turki, börek memiliki jenis yang beragam. Berikut adalah 3 ragam jenis yang sering dijajakan di Turki.

1. Sigara Böreği

Salah satu jenis pastry yang digulung panjang berebentuk seperti rokok, Sigara Böreği. (Sumber: yeniakit.com.tr)

Sigara böreği atau biasa disebut juga dengan kalem böreği merupakan salah satu jenis börek khas Turki. Sigara dalam Bahasa Turki berarti rokok sedangkan kalem berarti pena. Jenis ini terbuat dari adonan kulit tipis yang diisi dengan campuran adonan daging dan sayur atau keju, lalu digulung panjang hingga membentuk seperti rokok atau pena. Tekstur börek ini sangat renyah dengan rasa yang enak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Kol Böreği

Jenis pastry yang khas dengan bentuknya yang panjang berputar membentuk lingkaran, Kol Böreği. (Sumber: ardaninmutfagi.com)

Kol dalam Bahasa Turki berarti lengan. Kol böreği adalah salah satu jenis börek yang dibuat dalam gulungan panjang membentuk lingkaran yang jika disatukan panjangnya bisa melebihi panjang lengan manusia. Biasanya koki yang memasak börek ini akan membagi adonan kulit menjadi 6 bagian, setelah adonan kulit didiamkan dan diminyaki kemudian akan diisi dengan bayam, kentang, daging cincang atau keju. Setelah itu digulung berurutan. Biasanya untuk mempermudah, mereka akan menggulung dari bagian tengah sehingga gulungan yang lain akan memutar dan meluas ke belakang.

3. Su Böreği

Salah satu jenis pastry yang sering ditemukan, Su Böreği. Pastry ini terbuat dari lapisan adonan yang direbus dan biasanya diberi beragam keju sebagai isiannya. (Sumber: cnnturk)

Su dalam Bahasa Turki berarti air. Untuk membuat börek jenis ini, adonan kulit lembaran harus direbus dalam air terlebih dahulu. Tidak seperti jenis börek lain yang bertekstur renyah, börek jenis ini justru bertekstur sebaliknya. Teksturnya yang lembut lah yang menjadi daya tarik bagi para penikmatnya. Lembaran kulit tersebut kemudian disusun dan biasa diberi white cheese atau jenis keju lain kemudian lapisan terakhirnya diberi minyak sebelum dimasukkan ke dalam oven selama kurang lebih 1 jam 15 menit.

Berita Terkait

Image

Selain Liburan di Gunung Salju, Yuk Cicip Aneka Kuliner di Bursa

Image

Kekayaan Kuliner di Balik Keindahan dan Sejarah Istanbul

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi S1 Bursa Uluda University Turki

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image