Kekayaan Kuliner di Balik Keindahan dan Sejarah Istanbul

Kuliner  

Istanbul – Pemandangan alam yang cantik dan reruntuhan peninggalan sejarah peradaban membuat Istanbul menjadi salah satu destınasi menarik bagi para wisatawan. Lokasinya yang berada di antara dua benua juga menjadikan negara ini sebagai tempat pertemuan sosial, ekonomi serta budaya timur dan barat. Mengutip sebuah quote dari Napoleon Bonaparte “If the whole world was a country, Istanbul would be its capital” jika seluruh dunia adalah satu negara, maka Istanbul yang akan menjadi ibukotanya.

Selain kecantikan alam dan kemegahan peninggalan sejarahnya, kuliner yang disajikan juga memiliki daya tarik tersendiri. Jika mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Negeri Seribu Masjid ini, jangan sampai terlewat untuk mencoba makanan khas yang ada disana. Berikut makanan-makanan yang dapat dicoba oleh para wisatawan terutama turis dari Indonesia.

1. Sultan Ahmet Köftesi (Meatball)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

sumber: timeout.com

Köfte merupakan makanan yang terbuat dari daging cincang, bawang, telur dan bahan lain yang dimasak dengan cara yang berbeda-beda. Tekstur makanan ini mirip dengan bakso namun umumnya disajikan tanpa kuah dengan bentuk yang lebar dan pipih. Di dekat area Sultan Ahmet Cami atau yang lebih dikenal sebagai Blue Mosque (Masjid Biru) terdapat banyak penjual köfte. Namun salah satu restoran terkenal yang direkomendasikan adalah Tarihi Sultan Ahmet Köftecisi Selim Usta yang berada di dekat pintu masuk area Sultan Ahmet. Restoran yang telah berdiri sejak tahun 1920 tersebut selalu ramai pembeli karena rasa köfte terbaik yang mereka sajikan.

1. Eminönü Balık Ekmek (Eminönü’s Fish Bread)

sumber: istanbuldelisi.net

Eminönü merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Istanbul. Dari pelabuhan ini, kapal yang membawa kita mengelilingi keindahan Selat Bosphorus berangkat. Dari pelabuhan ini pula, kita dapat menyeberang ke Istanbul bagian Asia serta pulau kecil lain sekitar Istanbul. Diantara lalu lalang manusia di pelabuhan ini, terdapat makanan yang sayang jika dilewatkan, dan juga sayuran segar yang menambah kenikmatan rasanya. Kita dapat menikmati Balık Ekmek sembari menunggu kapal dan memandangi pemandangan Laut Marmara dengan latar bangunan Istanbul yang sangat indah.

3. Beyoğlu Çikolatası (Beyoğlu’s Chocolate)

sumber: beyoglucikolata.com.tr

Toko Cokelat yang berlokasi di daerah Avcılar ini berdiri sejak 1947 dan berhasil menjual beragam cokelat yang telah diekspor ke 35 negara. Toko ini merupakan toko cokelat yang paling terkenal di Istanbul. Cokelat yang diproduksi di toko ini dibuat di pabrik dengan teknologi canggih dan berkualifikasi tinggi yang terletak di kota Ankara, Kilis, dan Eskişehir. Mereka juga terus berinovasi untuk membuat rasa baru yang unik agar dapat memuaskan para konsumennya. Para wisatawan biasa mengunjungi toko ini untuk mencoba cokelat dan membelinya sebagai oleh-oleh khas Istanbul. (Ahsanah Nur Amalia Amar)

Berita Terkait

Image

Kenal Lebih Dekat 3 Ragam Pastry Khas Turki

Image

Selain Liburan di Gunung Salju, Yuk Cicip Aneka Kuliner di Bursa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image