Selain Liburan di Gunung Salju, Yuk Cicip Aneka Kuliner di Bursa

Kuliner  
sumber: haberturk.com

Bursa – Kota Bursa terletak di bagian Barat laut daerah Marmara. Gunung Uludag yang terkenal untuk main ski saat winter terletak di kota ini. Lokasinya yang berada di dekat Istanbul juga menjadikan Bursa salah satu destinasi utama saat berkunjung ke Turki. Selain wisata alam yang cantik, Bursa memiliki jejak sejarah yang sangat istimewa. Bursa merupakan ibukota pertama Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1326 sampai 1365 Masehi. Makam Sultan pertama dan putranya, Osman I dan Orhan I juga terletak di kota ini.

Catatan dan peninggalan sejarah Kesultanan Utsmaniyah, keindahan Gunung Uludag, dan beragam tempat wisata lainnya membuat wisatawan betah untuk tinggal di Bursa lebih lama. Wisata kuliner di Bursa juga tidak kalah menarik. Berikut rekomendasi makanan khas Bursa yang bisa dicoba:

1. İskender kebap (Kebab Iskender)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

sumber: haberturk.com

Pecinta makanan Turki pasti sudah tidak asing dengan makanan ini. Kebab ini merupakan salah satu makanan khas Bursa yang telah ada sejak lama. Kebab ini mulanya dijual di Pasar Kayhan lalu mulai menyebar ke segala penjuru Bursa. Bahan dasar kebab ini adalah daging, mentega, saus tomat, dan roti yang dilumuri minyak. Biasanya daging kebab ini disajikan dengan yoghurt. Daging yang digunakan adalah daging domba jantan dan tidak terlalu memiliki banyak lemak. Kualitas saus tomat dan yoghurt yang disajikan akan sangat mempengaruhi kualitas rasa dari kebab ini. Di Bursa, terdapat satu restoran yang terkenal dengan nama Mavi Dükkan atau Toko Biru. Pemilik toko ini ialah cucu dari Iskender Effendi, orang pertama yang membuat Iskender kebab. Toko ini berdiri sejak tahun 1867 dan masih ramai pengunjung hingga sekarang.

2. İnegöl Köftesi (Inegol Kofte)

sumber: nefisyemekler.net

Inegol adalah salah satu daerah yang terletak di ujung Kota Bursa. Inegol Köftesi merupakan köfte khas Inegol yang dimasak dengan cara dibakar. Makanan ini telah diproduksi sejak tahun 1930-an dan masih digemari hingga sekarang. Köfte ini terbuat dari bahan dasar daging sapi muda atau domba, bawang, dan rempah-rempah lainnya. Campuran bumbu saat memasak köfte ini sangat sedikit agar tidak merubah rasa aslinya. Adonan daging yang sudah jadi juga dapat disimpan di kulkas untuk dimakan 2-3 hari ke depan.

3. Bursa Tahinli Pide

sumber: bursadabugun

Tahinli Pide adalah pide khas Bursa. Pide adalah roti yang terkenal di makanan Turki, Timur Tengah, dan negara Balkan. Biasanya pide dimasak dengan taburan topping asin, namun tahinli pide menggunakan pasta wijen sebagai topping utamanya. Di Bursa terdapat salah satu toko tahinli pide terkenal yang terletak di dekat Stasiun Metro Demirtaş Paşa yang Bernama “Tarihi Taş Fırın”. Untuk memperingati 40 tahun berdirinya toko tersebut, mereka pernah mngadakan Lomba Makan Pide terbanyak dalam waktu tersingkat dengan hadiah emas.(Ahsanah Nur Amalia Amar)

Berita Terkait

Image

Kota Bursa Terpilih Sebagai Ibukota Kebudayaan Turki 2022

Image

Kenal Lebih Dekat 3 Ragam Pastry Khas Turki

Image

Kekayaan Kuliner di Balik Keindahan dan Sejarah Istanbul

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image