Kota Bursa Terpilih Sebagai Ibukota Kebudayaan Turki 2022

Serba Serbi  
Rapat Pemilihan Ibukota Kebudayaan Turki 2022 yang dihadiri oleh para perwakilan negara anggota TÜRKSOY (Sumber: turksoy.org)

Bursa – TÜRKSOY (Uluslararası Türk Kültürü Teşikilatı) atau Organisasi Internasional Budaya Turki, telah mengumumkan Bursa sebagai ibukota kebudayaan Turki 2022. Organisasi ini merupakan organisasi budaya internasional antar negara yang memiliki banyak populasi keluarga Turki dan masyarakat yang berbicara menggunakan Bahasa Turki di negara tersebut. Pada tahun 1993, pendirian organisasi ini ditandangani oleh Menteri Kebudayaan dari beberapa negara yaitu, Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Republik Turki. Pada tahun 1996, organisasi ini resmi menjadi bagian dari UNESCO.

Pada tahun 2020, Kota Khiva di Uzbekistan terpilih menjadi Ibukota Kebudayaan Turki 2020. Untuk tahun 2022, berdasarkan keputusan yang diambil pada Rapat ke-38 yang diselenggarakan organisasi ini, Dewan Tetap Menteri TÜRKSOY, memilih Kota Bursa sebagai Ibukota Kebudayaan Turki 2022. Keputusan ini juga mempertimbangkan rekomendasi dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Turki, Mehmet Nuri Ersoy yang menyatakan Kota Bursa pantas menjadi ibukota Kebudayaan Turki 2022 dengan 8.500 tahun catatan sejarah yang mendukung Bursa untuk diperkenalkan ke seluruh dunia.

“Kota Bursa yang sempat menjadi ibukota Ottoman di masa lampau, dengan tekstur sejarah dan keindahan hijaunya alam Bursa, saya dengan senang hati mengumumkan pencalonan Kota Bursa sebagai ibukota kebudayaan Turki 2022”, ujar Mehmet. Sejarah Kota Bursa dalam Persimpangan Jalur Sutra, peran hebatnya pada masa Kesultanan Ottoman, hasil kerajinan tangan yang indah, dan berbagai tempat wisata yang telah menjadi warisan budaya dunia membuat Kota Bursa menjadi kandidat yang sempurna. Kain Sutra Bursa dan Iznik Tile telah melengkapi berbagai nilai universal kebudaayan dan sejarah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Walikota Kota Bursa, Alinur Aktaş menyambut gembira kabar baik ini. Untuk memperingati pemilihan ini, pemerintah daerah Bursa menggelar berbagai kegiatan untuk memperkenalkan kebudayaan dan kesenian dengan beragam aktivitas menyenangkan. “Kami ingin menghadirkan waktu yang menyenangkan bagi pecinta seni dengan acara-acara seperti kompetisi film pendek bertema dunia Turki, dokumenter, Festival Film Dunia Turki Korkut Ata ke-2, dan festival teater. Kami ingin mengumumkan suara dunia musik Turki ke seluruh dunia dengan acara seperti festival musik Turki dari Ulutav hingga Uluda, konser bertema dunia Turki, pertemuan seniman, dan kompetisi lagu dunia Turki”, jelas Alinur.

Acara peresmian Kota Bursa sebagai Ibukota Kebudayaan Turki menampilkan berbagai penampilan istimewa dari berbagai negara anggota Organisasi Internasional Kebudayaan Turki pada Rabu malam (30/03/2022) (Sumber: detayhaberler.com)

Puncak acara peresmian pemilihan Bursa sebagai ibukota Kebudayaan Turki digelar pada Rabu (30/03/22) di Tofas Arena Hall. Tempat ini dapat menampung hingga 6.800 penonton. Acara peresmian diselenggarakan dengan meriah dan menampilkan berbagai pertunjukan seni yang indah dari negara anggota TÜRKSOY. Acara ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Bursa dan memberikan kesan indah bagi seluruh penonton yang hadir.

Berita terkait Turki klik disini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi S1 Bursa Uluda University Turki

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image