Jajanan Pasar Tradisional Khas Makassar Sulawesi Selatan

Kuliner  

Diantara beragam kuliner nusantara, kue tradisional atau jajanan pasar merupakan warisan kuliner yang berharga dalam deretan wisata kuliner nusantara. Setiap provinsi, kota, bahkan daerah memiliki jajanan tradisional yang bermacam-macam. Keberagaman ras, suku, dan budaya melahirkan ribuan jajajan tradisional khas Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki beragam jajan tradisional adalah Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Barongko

Makassar dikenal dengan keahliannya membuat makanan tradisional yang lezat berbahan dasar pisang dan barongko adalah salah satunya. Barongko dibuat dengan campuran tepung terigu, santan, vanili, garam, dan bahan lainnya. Barongko dibungkus dengan daun pisang yang menjadikan kue tradisional satu ini mengeluarkan aroma wangi khas daun pisang saat dibuka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kue ini juga dibungkus dengan bentuk unik yang menyerupai perahu. Saat bungkusnya dibuka, barongko akan terlihat berwarna putih kekuningan dan memiliki tekstur yang lembut saat dimakan. Pada zaman dahulu, barongpo adalah salah satu kudapan mewah yang hanya dinikmati oleh para bangsawan dan biasa disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat.

2. Kue Sikaporo

Kue Sikaporo merupakan kue khas Makassar yang berbahan dasar tepung beras dan telur. Adonan tersebut dicampur dengan santan, garam, dan gula. Kue ini biasa diberi 2 warna yang disusun agar kue ini terlihat cantik saat disajikan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan terasa meleleh saat dimasukkan ke dalam mulut. Kue ini bisa disajikan dalam keadaan hangat dan dingin. Kue ini biasa disajikan saat acara pernikahan karena melambangkan keharmonisan dan kesederhanaan dalam berumah tangga.

3. Dadar Santan

Dadar santan khas Makassar mirip dengan kue dadar yang kita ketahui pada umumnya. Lembaran yang dibuat dari terigu dan gula, diberi pewarna hijau, lalu diisi dengan isian gula merah dan kelapa. Namun, yang membedakan dadar santan Makassar dengan dadar gulung lainnya adalah isian yang diberikan pada lembar dadarnya. Isian dadar santan Makassar adalah kacang dan gula. Selain itu, dadar santan disajikan seperti kue pisang ijo yaitu dengan dilumuri santan dan diberi sedikit sirup berwarna merah. Rasanya manis dan sangat lezat. Makanan ini sangat pas jika dinikmati saat masih hangat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image