Hidden Gem Dessert Turki yang Jarang Dibahas

Kuliner  

Selalu banyak yang bisa dibahas jika kita membicarakan negara yang satu ini. Turki dengan kekayaan sejarah dan budaya yang menghasilkan keberagaman adat, tradisi, wisata, dan kuliner. Beragam jenis kuliner dari menu pokok hingga makanan penutup tersebar di 81 provinsi di Turki. Selain kebap khas Turki yang sangat popular, makanan penutup atau dessert Turki juga sangat bervariasi. Dari banyak varian dessert Turki yang enak, terdapat beberapa hidden gem dessert yang masih jarang dibahas.

1. Soğuk Baklava

Beberapa dari kalian pasti pernah mendengar dessert khas Turki yang satu ini. Selain memiliki cita rasa yang luar biasa, baklava juga memiliki sejarah yang panjang. Menurut catatatan sejarah, baklava dimasak pertama kali di istana Topkapı pada tahun 1473 di masa Kesultanan Fatih Sultan Mehmet. Baklava terbuat dari beberapa tumpukan pastry yang dipanggang dan dibalur dengan kacang pistachio atau kacang tanah di setiap lapisannya lalu disiram air gula ke seluruh bagiannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baklava memiliki jenis yang beragam dan pada umumnya semua jenis baklava dilumuri dengan air gula. Namun, ada satu jenis baklava yang berbeda yaitu, Soğuk Baklava. Bahan dan cara pembuatannya sama seperti jenis baklava yang lain, namun baklava jenis ini tidak disirim dengan air gula melainkan dengan susu dan dilapisi dengan kacang-kacangan serta coklat di setiap lapisannya. Baklava jenis ini memiliki rasa yang lebih enak karena rasa manis yang pas dibandingkan dengan jenis baklava lain yang cenderung sangat manis.

2. Künefe

Künefe adalah dessert yang terbuat dari Tel kadayıf. Tel kadayıf adalah campuran adonan tepung dan air yang dibentuk seperti kawat tipis dan umum digunakan sebagai bahan pokok makanan penutup di beberapa negara Balkan. Selain itu, Tel kadayıf dibentuk membulat lalu disi dengan keju dan krim serta ditaburi dengan kacang pistachio. Campuran tel kadayıf tersebut digoreng lalu dilumuri dengan sirup gula hitam dan dimakan saat masih hangat agar keju yang ada di dalam adonan meleleh saat disajikan.

3. İrmik Helvası

İrmik Helvası atau dessert Semolina ini terbuat dari tepung semolina yang dipanggang dengan tepung biasa, gula, minyak, dan bahan tambahan seperti kacang tanah air, mentega, dan susu. Makanan ini bisa disajikan dalam keadaan panas dan dingin. Terdapat beberapa toko İrmik Helvası yang terkenal seperti toko Helvacı Ali yang menyajikan dessert ini dengan cara meletakkan semolina diatas eskrim vanila lalu dituangkan sedikit saus kacang wijen, saus coklat atau saus kacang pistachio dan taburan kacang pistachio di atasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image