Kuliner India dan Beragam Menu Andalannya

Kuliner  

India merupakan negara yang kaya dengan sejarah dan budayanya. Kepercayaan yang beragam melahirkan tradisi agama dan gaya hidup yang beragam pula. India memiliki banyak hal unik yang populer mulai dari arsitektur, industri perfilman, teknologi, hingga kuliner. Beberapa tahun belakangan, video street food India ramai beredar di berbagai social media di Indonesia. Hal ini menuai rasa ingin tahu yang tinggi untuk melihat dan mencoba makanan street food India hingga makanan khas lain dari negara Bollywood ini. Berikut makanan khas India yang akan cocok di lidah masyarakat Indonesia.

1. Nasi Biryani

Sebagai negara dengan makanan pokok nasi, menu ini pasti dapat dinikmati oleh orang Indonesia. Nasi Biryani adalah nasi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti, kapulaga, cengkeh, kunyit, pala, merica serta rempah pelengkap lainnya. Nasi Biryani biasanya menggunakan beras Basmati yang memiliki bulir panjang, beraroma seperti bunga serta memiliki rasa yang mirip dengan kacang-kacangan. Nasi Biryani biasa ditambahkan sayuran dan disajikan dengan ayam atau kambing.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nasi Biryani dengan ayam dan sayuran di atasnya

2. Lamb Rogan Josh

Lamb Rogan Josh merupakan salah satu menu kari kambing atau domba. Makanan kari juga salah satu menu andalan di India dan India memiliki beragam menu kari dengan jenis yang berbeda-beda. Salah satu yang menjadi favorit adalah Lamb Rogan Josh ini. Teksturnya yang creamy dan rasanya yang asam dan gurih membuat orang yang mencobanya merasa ketagihan. Bumbu dasar kari adalah bubuk kari, dicampur dengan beberapa rempah seperti kunyit, jintan, kayu manis, merica, dan rempah lainnya. Lamb Rogan Josh biasa dinikmati dengan roti canai India yang disebut Paratha berbentuk pipih dan tipis.

Lamb Rogan Josh biasa dinikmati bersama roti canai khas India

3. Kheer

Kheer adalah satu dessert favorit di India. Kheer adalah puding yang berbahan dasar beras dan susu lalu dicampur dengan kacang dan buah seperti almond, kurma, pistachio, kacang mete serta sedikit taburan bunga mawar. Kheer juga bisa ditambahkan jahe agar rasanya semakin segar. Selain beras, bahan dasar Kheer juga bisa diganti dengan gandum atau tepung tapioka. Kheer biasa disajikan untuk perayaan, persembahan di kuil, dan selalu ada di pernikahan tradisional India.

Kheer dengan taburan kacang dan bunga mawar
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image