Jenis Dim Sum Yang Mudah Dicari dan Umum di Indonesia

Kuliner  

Dalam kebudayaan Cina, dim sum diartikan sebagai makanan ringan yang melengkapi menu makanan utama. Jenis dim sum sudah banyak berkembang dan proses pengolahannya juga mulai bermaca-macam. Ada dim sum kukus, goreng, dan manis. Ada banyak jenis dim sum yang biasa dijual di restoran Cina favorit kalian, namun berikut adalah 3 jenis dim sum yang paling popular dan paling sering ditemui di Indonesia.

1. Siu Mai (Somay)

Beberapa dari kalian pasti ada yang mengira bahwa dim sum dan somay adalah menu yang berbeda. Faktanya, somay adalah salah satu jenis dim sum yang paling umum di Indonesia. Kita bahkan sangat mudah menemuinya dijual oleh pedagang kaki lima. Somay bahkan telah menjadi salah satu menu street food populer di banyak daerah di Indonesia terutama di ibukota, Jakarta. Somay dibuat dengan campuran daging yang diolah dengan tepung tapioka dan tambahan rempah pelengkap lainnya seperti merica, penyedap rasa, bawang putih, dan daun bawang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Bao zi (bakpao)

Bakpao adalah jenis dim sum yang dikukus dan diberi isian ayam, daging, ataupun sayuran. Di restoran dim sum, bakpao dijual dengan variasi isian yang lebih banyak seperti telur asin, kacang merah, dan lainnya. Bakpao juga mudah ditemukan di pedagang kaki lima. Biasanya para pedagang akan memberi isian bakpao dengan bahan yang murah dan familiar dengan lidah masyarakat luas. Isian bakpao di pedagang kaki lima biasanya seperti ayam, sosis, kacang hijau, dan lainnya.

3. Har Gao (Hakau)

Hakau juga merupakan salah satu dim sum yang dikukus dan dilapisi dengan kulit transparan yang terbuat dari tepung tang mien dan diisi dengan udang. Sama seperti dim sum kukus lainnya, hakau sangat nikmat jika dimakan dengan chilli oil, saus sambal atau kecap asin sebagai pelengkap rasa agar lebih gurih dan enak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image