Kenalkan Ragam Beasiswa di Luar Negeri, PPI Dunia Dorong Tingkatkan Informasi Pendidikan

Edukasi  
Ketua PPI Selandia baru menjadi narasumber dalam program perkenalan beasiswa luar negeri Felari PPI Dunia.

KABARTURKI - Direktorat Festival Luar Negeri (Felari) adakan program kolaborasi perdana untuk membuka lembaran baru kepengurusan PPI Dunia periode 2023-2024.

Pertemuan dengan Radio Republik Indonesia (RRI) awal tahun ini membuahkan kerja sama berupa Siaran Informasi Pendidikan yang bisa didengarkan secara streaming oleh seluruh lapisan masyarakat melalui aplikasi RRI Digital.

Pada kepengurusan sebelumnya, PPI Dunia telah berhasil mengadakan program kerja serupa dengan total 21 sesi siaran yang mengundang narasumber dari berbagai negara selama satu periode.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan semacam ini menjadi jembatan informasi anak bangsa untuk mendapatkan edukasi yang berkualitas dari narasumber berupa pengalaman dan kisah perjuangan mereka selama merantau di negeri orang.

Siaran ini berlangsung setiap pekan pada hari Rabu dan tayang perdana pada tanggal 25 Oktober 2023. Pada periode ini, tema yang akan dibawakan adalah Study Abroad Around The World serta akan lebih banyak membahas ragam beasiswa dan budaya dari penjuru dunia.

Direktur Festival Luar Negeri PPI Dunia, Evelyn Cornelia Chandra, berharap dengan adanya program ini, teman-teman dari seluruh belahan dunia dapat mendapatkan informasi pendidikan baik itu beasiswa, sekolah, lingkungan, dan budaya.

Kepala Bidang Informasi Pendidikan PPI Dunia, Ridha Bahrul Ulum, berharap bahwa program kolaborasi PPI Dunia bersama RRI ini mampu mendorong semangat generasi muda untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negeri.

“Dalam program siaran ini, kami kenalkan ragam beasiswa dan juga budaya dari penjuru dunia. Tujuannya adalah teman-teman bisa punya ketertarikan ketika memilih negara beserta universitas mana yang sekiranya sesuai. Target kami pada periode ini dapat menghadirkan 30 narasumber dari berbagai negara,” jelasnya.

Dalam program siaran ini, narasumber dari perwakilan PPI Negara yang tersebar di tiga kawasan berbeda (Amerika-Eropa, Timur Tengah-Afrika, dan Asia-Oseania) akan membahas berbagai aspek seputar beasiswa yang mereka peroleh beserta langkah-langkah untuk mendapatkannya.

Selain itu, mereka juga akan berbagi pengalaman unik selama menempuh pendidikan di luar negeri, termasuk tantangan, suka duka, serta proses adaptasi di lingkungan baru. Tak hanya itu, mereka juga akan memaparkan perbedaan budaya yang mereka rasakan selama menuntut ilmu di negara studi mereka.

Pada siaran perdana lalu (25/10), narasumber dihadiri oleh Rosyid Shidiq Hidayatulloh selaku Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan. Saat siaran berlangsung, ia mengungkapkan bahwa beasiswa yang ditawarkan di negara Taiwan sangat beragam.

“Teman-teman jangan khawatir perihal bahasa, nanti dari kampus akan menyediakan mata kuliah wajib dan tambahan bahasa Mandarin sehingga mampu untuk bertahan hidup,” tuturnya.

Beranjak pada siaran kedua (1/11), Radya Mahardika yang merupakan Ketua PPI Selandia Baru, memberikan kesan dan pesan ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Negeri Kiwi ini hingga awal mula bagaimana dirinya beradaptasi.

“Waktu awal-awal memang agak sulit, saya di Jakarta yang (cuacanya) panas, lalu di sini (Selandia Baru) yang cuacanya dingin,” ceritanya.

Ia juga menyampaikan, adanya kesulitan saat menyesuaikan atau mendengar logat bahasa Inggris penduduk setempat.

“Agak lama, kurang lebih sekitar dua bulan,” tambahnya.

Dalam menit-menit akhir, ia mengajak sekaligus memberikan saran kepada pelajar Indonesia untuk bergabung mengikuti organisasi utamanya Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Sebab, dari sana banyak didapatkan akses serta jaringan lokal sampai dengan internasional yang akan banyak membantu di kemudian hari.

Siaran Informasi Pendidikan yang diselenggarakan oleh Direktorat Festival Luar Negeri PPI Dunia bersama Radio Republik Indonesia (RRI) ini menjadi kesempatan emas bagi teman-teman untuk mengeksplorasi beragam peluang, tips dan trik, hingga wawasan terbaru seputar beasiswa di berbagai negara.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image