Cetak Sejarah, PPI Selandia Baru Gelar Pekan Olahraga dalam Rangka Memperingati Sumpah Pemuda

Kabar PPI  
Atase Pertahanan RI di Wellington bersama para juara POPPINZ Athan Cup 2023

KABARTURKI - Para pelajar Indonesia di Selandia Baru bersama-sama mengikuti dan memeriahkan POPPINZ ATHAN CUP 2023 (Pekan Olahraga Perhimpunan Pelajar Indonesia se-New Zealand memperebutkan piala Atase Pertahanan) yang diadakan di Wellington bertepatan dengan peringatan sumpah pemuda.

Bagi Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Selandia Baru, Radya Mahardika, gelaran ini merupakan acara bersejarah bagi PPI Selandia Baru, dimana merupakan kompetisi olahraga perdana yang mempertemukan para pelajar angggota PPI di lintas wilayah di Selandia Baru dari Auckland, Canterbury, Dunedin, Invercargill, Nelson, Palmerston North, hingga Wellington sejak awal berdirinya PPI Selandia Baru.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Atase Pertahanan RI untuk Wellington, Kolonel Chb Herwanto Setiyono dan diikuti dengan peresmian oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Fientje Maritje Suebu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam sambutan yang disampaikan, Herwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini berperan penting untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme para pelajar Indonesia sehingga dapat terlindungi dari paham dan isu menyimpang ketika menempuh studi di luar negeri. "Saling jaga sesama saudara kita walau tidak berada di tanah air, jaga sportifitas, junjung tinggi solidaritas, Athan bersama para pelajar Indonesia di Selandia Baru", ujar Herwanto.

Recreation Centre Victoria University of Wellington menjadi saksi kemeriahan pertandingan bulu tangkis, futsal, dan basket para pelajar Indonesia yang bertanding maupun memberikan dukungan kepada para atlit pada 27 Oktober 2023.

Ketua pelaksana POPPINZ ATHAN CUP 2023 yang juga merangkap Event Manager PPI Selandia Baru, Cindy Bianca Primarita Puteri menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang untuk memperkuat silaturahmi para pelajar yang selama ini belum pernah bertemu secara fisik satu sama lain.

“Meskipun harus melewati perjalanan yang penuh lika liku, aku harap semua yang datang dan berpartisipasi bisa enjoy dan merasa disambut dengan hangat. Semoga POPPINZ bisa dilaksanakan rutin kedepannya dengan jauh lebih baik dan lebih keren lagi!” tukas Cindy.

Senada dengan Cindy, delegasi basket asal Papua yang juga merupakan Event Coordinator PPI Palmerston North, Mahor Jhon Gedi turut menyampaikan kegembiraannya bisa mengikuti POPPINZ ATHAN CUP 2023.

Sangat bangga dapat berkesempatan bertanding bersama rekan-rekan satu wilayah, semoga event ini dapat menjadi ajang semakin kompaknya para pelajar dan semakin banyak event dengan semangat yang sama di masa mendatang”, ujar Mahor.

POPPINZ ATHAN CUP 2023 menjadi semakin khidmat dengan keikutsertaan seluruh delegasi pelajar dalam upacara sumpah pemuda yang dilaksanakan di KBRI Wellington, bersamaan dengan penyerahan hadiah kepada juara umum serta juara satu dan dua setiap cabang olahraga.

Perwakilan PPI Auckland sebagai juara umum POPPINZ ATHAN CUP 2023, Theresa Abbygail Suryadinata juga menyampaikan kebanggaannya saat menerima hadiah langsung setelah upacara di KBRI. “Terharu dan khidmat sekali atas acara POPPINZ ATHAN CUP 2023 ini, merasa bangga menjadi pelajar Indonesia yang ikut berkompetisi di acara ini”, sahut Theresa.

Kekhidmatan acara tersebut diamini oleh Harry Pinto Triwijaya selaku Ketua PPI Invercargill dan Talent Manager PPI Selandia Baru, yang juga memberikan tanggapan positif atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Sebagai delegasi terjauh yang hadir di acara ini, cukup haru dapat berkesempatan untuk mengenal seluruh pelajar hebat dari berbagai wilayah dan pulau lain, dimana ditutup dengan rangkaian kegiatan sumpah pemuda di KBRI. Kagum atas kerja keras semua pihak yang terlibat!”, pungkas Harry.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image