PPI Dunia Kukuhkan Alumni Connect, Perkuat Sinergi Ikatan Alumni Luar Negeri

News  
Achmad Aditya terpilih sebagai Koordinator Dewan Presidium Alumni Connect

Jakarta, 10 Oktober 2023 — Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dalam upaya untuk mengoptimalkan kontribusi para alumni luar negeri dalam mencapai Visi Indonesia 2045.

Menggelar acara diskusi publik bertajuk "Pemetaan Kontribusi Alumni Luar Negeri dan Sinergi menuju Visi Indonesia 2045".

Acara ini juga menjadi momentum penting untuk mengukuhkan presidium Alumni Connect PPI Dunia tahun 2023 yang akan memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan dan inisiatif alumni di berbagai negara.
"Harapannya dengan adanya Alumni Connect PPI Dunia bisa menjadi wadah bagi seluruh Alumni Pelajar Luar Negeri Lintas Generasi dan bisa mengakomodir seluruhnya,” ujar Hamzah Assuudy Lubis - Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia 2023-2024 pada saat membuka acara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Achmad Aditya, seorang alumni Belanda, terpilih sebagai Koordinator Presidium. Bersama dengan Koordinator Presidium, terdapat sembilan orang alumni terpilih sebagai anggota presidium, masing-masing dari berbagai negara. Mereka adalah:

1. Choirul Anam (Alumni Ceko)

2. Achyar Al Rasyid (Alumni Tiongkok)

3. Muhammad Dhafi Iskandar (Alumni Perancis)

4. Hafizd Alharomain Lubis (Alumni Mesir)

5. Nikkolai Ali Akbar Velayati (Alumni Tiongkok)

6. Ruhiyat Haririe (Alumni Sudan)

7. Hakam Junus (Alumni Australia)

8. Muhammad Syaugi Almuhdhar (Alumni Yaman)

9. James Reinaldo Rumpia (Alumni Thailand)

Acara ini mendapatkan dorongan kuat dari disahkannya Anggaran Rumah Tangga PPI Dunia terkait dengan wadah konfederasi Alumni Luar Negeri "Alumni Connect PPI Dunia".
Penegasan ini diresmikan pada Kongres PPI Dunia 2023 yang berlangsung di Leiden, Belanda. Wadah konfederasi ini memberikan landasan yang kokoh untuk menggerakkan inisiatif kolaboratif antara para alumni, memungkinkan mereka untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mewujudkan visi besar Indonesia hingga tahun 2045.

"PPI Dunia merupakan organisasi diluar negeri yang memiliki potensi besar, terstruktur dan mengakat rumput hingga PPI di level kampus yang seharusnya menjadi mitra strategis Lembaga pemerintah maupun swasta dan sekarang saatnya para Alumni ikut berkontribusi aktif untuk menatap Indonesia Emas 2045,” ujar Achmad Adhitya - Koordinator Presidium Alumni Connect PPI Dunia pada saat penyerahan SK dari Koordinator PPI Dunia.

Di kesempatan yang sama, dalam rangka merefleksi dinamika politik Indonesia 2024, Alumni Connect PPI Dunia juga berencana mengundang bakal calon presiden yang akan maju dalam kontestasi politik tahun 2024.
Partisipasi mereka dalam acara ini diharapkan dapat memberikan pandangan dan wawasan penting terkait kebijakan luar negeri dan peran alumni luar negeri dalam mengakselerasi kemajuan Indonesia.

“Berbicara mengenai Visi 2045 tak elok jika tidak memandang masa depan Indonesia dalam 5 tahun kedepan, harapannya dengan mengundang Bacapres maupun Bacawapres dalam suatu forum diaspora dapat membuka wawasan penting tentang kebijakan luar negeri dan peran alumni luar negeri untuk kemajuan Indonesia,” ungkap Hafizd Alharomain Lubis salah satu Anggota Presidium Alumni Connect PPI Dunia.

Acara ini merupakan langkah strategis untuk membuka pintu kolaborasi antara alumni luar negeri dan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta.

Diharapkan, melalui sinergi yang kuat ini, kontribusi para alumni luar negeri dapat memberikan dampak positif yang signifikan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dan berdaulat hingga tahun 2045.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image