HMI Cabang Istimewa Turki resmi mendirikan Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Pertama di Luar Negeri

Mancanegara  

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Istimewa Turki resmi melantik kengurusan Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Istimewa Turki Periode 2023-2024. Pelantikan kepengurusan Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Turki ini menjadikan Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Istimewa Turki sebagai Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI pertama yang dibentuk dan dimiliki oleh HMI di Luar Negeri setelah 76 tahun HMI berdiri.

Rizqie Mustofa selaku Ketua Umum HMI Cabang Istimewa Turki melantik secara langsung pengurus Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Istimewa Turki Periode 2023-2024. Kegiatan pelantikan yang diselenggarakan secara hybrid di Turki dan di Jakarta ini dihadiri oleh tamu-tamu undangan diantaranya, Ketua Umum Badan Pengelola Latihan (BPL) PB HMI, Koordinator Wilayah BPL HMI Jabodetabeka-Banten, Ketua Umum HMI Cabang Istimewa Malaysia, Ketua Umum HMI Cabang Jakarta Barat, Ketua Umum HMI Cabang Jakarta Raya, Ketua Umum HMI Cabang Padang, Ketua Umum HMI Cabang Asahan, dan kader-kader HMI Jakarta.

Berdasarkan hasil Musyawarah ke-1 BPL HMI Turki pada tanggal 22 Agustus 2023 yang lalu, menghasilkan susunan kepengurusan Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Istimewa Turki Periode 2023-2024 yang dipimpin oleh saudara Muhammad Fadhilul Arsyad sebagai Formateur/Ketua Umum.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Usai dilantik, Fadhilul Arsyad menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini merupakan amanah dan tanggung jawab yang luar biasa berat, karena mengemban tanggung jawab perkaderan HMI bukanlah tanggung jawab yang mudah terlebih tanggung jawab perkaderan tersebut ia kerjakan di Luar Negeri. Meskipun demikian, Arsyad memilki keyakinan dan semangat yang kuat untuk bisa menuntaskan amanah tersebut dengan baik.

"Ini merupakan amanah yang berat, tapi saya percaya bahwa ini bukan sesuatu hal yang tidak bisa kita jalankan. Tentu dalam prosesnya, saya akan selalu membutuhkan banyak sekali bantuan dalam bentuk apapun dari seluruh pihak, umumnya dari seluruh keluarga besar HMI wabilkhusus dari BPL PB HMI dan BPL HMI Cabang di Indonesia", ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Istimewa Turki, Rizqie Mustofa menyampaikan dalam sambutannya bahwa berdirinya BPL HMI Cabang Istimewa Turki ini adalah momen bersejarah yang sangat penting bagi keluarga besar HMI dan ini merupakan ikhtiar kolektif dari segenap pengurus, ia berharap dengan hadirnya Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Istimewa Turki ini dapat melahirkan generasi kader HMI yang memiliki level kualitas kepemimpinan yang mampu mengemban tanggung jawab peradaban.

"Selamat mengemban amanah untuk Pengurus Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Istimewa Turki Periode 2023-2024. Ini adalah sejarah penting untuk kita, juga untuk seluruh keluarga besar HMI. Hadirnya Badan Pengelola Latihan HMI di Turki ini penting untuk kita maknai sebagai bagian dari melakukan amal jariah bagi HMI. Harapannya semoga Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Istimewa Turki dapat menciptakan generasi pembaharu bagi HMI, generasi kader HMI yang memiliki kelengkapan atribusi yang dibutuhkan dan selaras dengan kemajuan zaman, generasi kader HMI yang mampu melahirkan keteladanan, dan generasi yang memiliki level kualitas kepemimpinan yang mampu mengemban tugas-tugas besar bagi kemaslahatan peradaban dunia, imbuhnya.

Badan Pengelola Latihan HMI memang memiliki peranan yang sangat vital bagi organisasi HMI, karena melalui kerja-kerja yang terukur dan sistematis di dalamnya dapat menjadi sebab-sebab munculnya sumber daya manusia yang berkualitas bagi HMI, yang tentu besar manfaatnya dapat dirasakan bagi umat dan bangsa Indonesia.

Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Badan Pengelola Latihan (BPL) PB HMI, Ahmad Surya Ramadhan. Surya dalam sambutannya menekankan bahwa Badan Pengelola Latihan HMI merupakan ujung tombak pembangunan sumber daya manusia di HMI, harapannya Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Istimewa Turki dapat memainkan perannya dengan maksimal di Luar Negeri.

"Ini adalah sebuah kebanggaan, kebahagiaan dan kesyukuran bagi kita semua, saya amat mengetahui proses perjalanan dari usaha melahirkan BPL HMI Turki dan ini bukanlah pencapaian yang mudah. Untuk itu saya mengapresiasi kepada segenap pengurus HMI Cabang Istimewa Turki yang telah berhasil mendirikan BPL HMI Turki. Saya berpesan untuk pengurus BPL HMI Cabang Istimewa Turki bahwa ini adalah jalan perkhidmatan yang mulia, semoga teman-teman pengurus BPL HMI Turki diberikan kekuatan untuk istiqomah agar dapat menghasilkan progresivitas dan kebermanfaatan di Luar Negeri', ujarnya.

Kegiatan pelantikan ini juga dihadiri oleh Ketua Bidang Riset dan Teknologi Internasional MP KAHMI Turki, Savran Billahi, M.A. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa ini torehan cemerlang yang menggambarkan keuletan dan kegigihan pengurus HMI Cabang Istimewa Turki dalam usahanya menelurkan generasi-generasi berkualitas kedepannya. Ia pun menyampaikan bahwa semua yang hadir pada kegiatan ini adalah bagian dari pencapaian cemerlang itu dan akan tercatat dalam sejarah HMI.

"Pelantikan pengurus Badan Pengelola Latihan ini adalah buah daripada keuletan, kegigihan, dan kesungguhan pengurus HMI Cabang Istimewa Turki untuk menjadikan HMI di Turki sebagai laboratorium terbuka yang dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang memilki lima kualitas insan cita yang mampu manjawab permasalahan-permasalahan dunia. Dan kita patut bersyukur atas nikmat bisa hadir di tempat ini, karena momen seperti ini seringkali kita tidak sadari bahwa nantinya akan menjadi sejarah yang akan tercatat dan dikenang di masa depan, katanya."

Kegiatan pelantikan pengurus Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Istimewa Turki ini ditutup dengan melakukan sesi foto dan do'a bersama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image