Setelah 88 Tahun, Hagia Sophia Ramai Jamaah Shalat Tarawih untuk Pertama Kali

Agama  
Hagia Sophia : Salat Tarawih di Ayasofia Turki

Turki – Umat muslim didunia sedang semarak menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Begitu juga umat muslim yang berada di Turki khususnya, semua sangat antusias dalam menyambut bulan yang penuh keistimewaan ini. Hari pertama puasa di Turki jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Semalam sebelumnya masyarakat Turki di Istanbul berbondong-bondong melaksanakan shalat tarawih di Masjid Hagia Sophia.

Setelah 88 tahun menjalani status sebagai museum sejarah, kini Hagia Sophia dibebaskan kembali fungsinya sebagai masjid bagi umat musli. Kejadian pada malam kemarin menjadi momentum yang sangat berharga bagi warga Turki. Masjid Hagia Shopia resmi diubah fungsi menjadi masjid kembali pada bulan Juli tahun 2020. Karena kondisi pandemi, selama 2 tahun belakangan ini, Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) tidak membuka aktivitas ibadah di Masjid Hagia Sopia.

Dengan penurunan jumlah penyebaran Covid-19 yang ada di Turki, Diyanet memutuskan untuk membuka kembali masjid-masjid untuk bulan suci tahun ini. Ramadhan tahun ini menjadi pertama kalinya masyarakat bisa melaksanakan ibadah tarawih dan menyambut bulan suci Ramadhan di kawasan Hagia Sophia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Serangkaian acara juga diadakan di Masjid Hagia Sophia selama bulan suci Ramadhan ini, yaitu khutbah oleh para mufti dan pakar hukum islam yang berlangsung sebelum shalat dhuhur. (Chusna/Yaya)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Awardee Turkiye Burslari 2020 Magister Tafsir of Sakarya UniversityMedia Pers PPI TurkiHidup kaya raya mati masuk surga

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image