3 Tradisi Khas Turki Selama Bulan Ramadan

Agama  
Sumber: aa.com.tr

Bursa - Departemen Urusan Agama Turki telah mengumumkan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada 2 April 2022. Masyarakat Turki mulai melaksanakan salat tarawih pada hari Jumat, 1 April 2022. Memasuki bulan yang mulia ini, setiap muslim di sebuah daerah, kota bahkan negara memiliki budaya dan tradisi yang unik dan berbeda- beda. Di Indonesia, kita memiliki tradisi ngabuburit, takjil, dan berbuka bersama atau bukber. Di Turki, masyarakat setempat juga memiliki beberapa tradisi khas yang selalu ada hanya di Bulan Ramadan.

1. Ucapan Spesial Ramadan di Menara Masjid

Salah satu Mahya bertuliskan "Selamat Datang Bulan Ramadan" yang dipasang diantara 2 menara sebagai tradisi khas selama bulan Ramadan.(Sumber: ilkha.com)

Pada bulan Ramadan, negara yang dikenal dengan Negeri Seribu Masjid ini biasa memasang sebuah tulisan yang berisi ucapan atau pengingat seputar bulan Ramadan. Ucapan ini dibuat sangat besar dan digantung dengan tali diantara 2 menara masjid serta dipasang lebih dari 200 lampu kecil yang menerangi tulisan tersebut. Masyarakat Turki menyebut ucapan tersebut sebagai Mahya dan orang yang menyiapkan ucapan tersebut disebut Mahyacı. Tulisan pada mahya ini biasanya, “Merhaba Ya Şehri Ramazan” yang berarti “Selamat Datang Bulan Ramadan”. Pada saat pandemi lalu, penanggung jawab mahya di setiap masjid biasa menambahkan dengan peringatan untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga kesehatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Roti Pita Khas Ramadan

Ramazan pidesi merupakan roti khas Turki yang ada selama bulan Ramadan (Sumber: sozcu.com.tr)

Turki merupakan salah satu negara yang mengkonsumsi roti sebagai makanan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, pada bulan Ramadan biasanya mereka memiliki roti khusus yang dinikmati saat berbuka puasa. Roti tersebut dinamakan Ramazan Pidesi atau Pide Ramadan. Bahan pokok dalam pembuatan roti ini sama dengan roti yang lain, namun roti ini berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang lembut. Diatas roti ini biasa ditaburi biji wijen atau biji tumbuhan yang bernama Nigella sativa. Tak jarang, masyarakat Turki juga saling membagikan roti khas ini kepada tetangga atau kerabat saat berbuka puasa.

3. Buka Puasa Bersama di Lapangan

Momen berbuka puasa bersama di lapangan terbuka dengan hidangan buka puasa yang telah disiapkan penyelenggara untuk masyarakat luas. (Sumber:trthaber.com)

Salah satu momen ditunggu dan dirindukan saat Ramadan adalah saat berbuka puasa. Kaum muslim biasanya menikmati hidangan buka puasa dengan orang-orang terdekat. Berbagi makanan untuk berbuka kepada tetangga juga menjadi hal yang menyenangkan. Di Turki, pemerintah daerah biasa menyiapkan tempat indoor atau outdoor untuk masyarakat berbuka puasa bersama dengan hidangan yang telah mereka siapkan. Buka puasa bersama di lapangan juga merupakan pengalaman yang mengesankan. Biasanya pemerintah atau penyelenggara bukber menyiapkan tenda besar dengan stok makanan yang banyak untuk dibagikan. Antrian untuk mengambil makanan pun sangat panjang, tapi tidak akan terasa lama karena mereka antri dengan tertib dan tenang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi S1 Bursa Uluda University Turki

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image