Tips Jitu Taklukkan Beasiswa Pemerintah Turki atau Turkiye Burslari

Edukasi  
Turkiye Burslari adalah beasiswa penuh dari pemerintah Turki yang mencakup seluruh kebutuhan kuliah di Turki. sumber: turkiyeburslari.gov.tr

Turkiye Burslari merupakan salah satu beasiswa yang ditawarkan langsung oleh pemerintah Turki dengan fasilitas fully funded. Beasiswa ini biasanya dikenal dengan beasiswa YTB. Beasiswa YTB di tujukan kepada mahasiswa internasional dari berbagai belahan negara di dunia.

Apa saja fasilitas yang akan didapatkan oleh awardeenya? Tentu seluruh pendanaan akan diberikan secara full mulai dari tiket pesawat, tempat tinggal, biaya makan, biaya bulanan, asuransi kesehatan hingga kursus kelas bahasa turki akan tercover semuanya.

Maka dari itu, jika kamu ingin lolos dan mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki kriteria yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh pihak YTB. Terdapat pula beberapa cara dan tips cermat agar memiliki peluang lolos yang besar dan sukses mendapatkan Turkiye Burslari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1.      Bukti Prestasi

Lembaga pemberi beasiswa ataupun sponsor beasiswa biasanya selalu turut mempertimbangkan prestasi, hasil kerja, dan karya dari para calon awardee. Maka, kamu perlu memperbanyak prestasi, karya atau proyek yang berkaitan dengan jurusan yang kamu ambil. Bisa seperti sertifikat, proyek, award dan beasiswa sesuai dengan kolom permintaan yang di di akun TBBS Turkiye Bursalri.

· Sertifikat, biasanya meliputi sertifikat seminar maupun webinar, kegiatan pelatihan, kegiatan organisasi dan sebagainya.

· Award, pastinya sudah pada tahu bahwa award merupakan bukti penghargaan, baik itu penghargaan prestasi dan juga perlombaan.

· Proyek, sederhananya bisa kita sebutkan sebagai sebuah karya ataupun prociding. Proyek tidak harus sesuai dengan jurusan kita loh, apapun proyek yang telah kamu jalankan bisa kamu cantumkan di bagian ini. Biasanya yang paling mudah itu seperti tulisan yang dimuat di koran, buku online atau media cetak lainnya.

· Scholarship, bahkan jika pernah mendapatkan beasiswa sebelumnya (jenjang SD, SMP, SMA) bisa tambahkan di aplikasi beasiswamu.

2.      Perbanyak Keterlibatan dalam Kegiatan Sosial

Sponsor beasiswa juga akan menilai keaktifan para calon awardee dalam kegiatan-kegiatan social. Sebagai seorang pelajar tidak hanya sebatas memiliki kecerdasan intelektual saja, namun para calon awardee juga akan dilihat sebagai sosok pribadi yang dapat bersosialisasi dan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Hal ini dilakukan agar sponsor beasiswa dapat memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang aktif secara sosial dan dapat mengamalkan ilmunya lebih luas lagi. Bisa dikatakan bahwa pelajar yang aktif dalam setiap kegiatan sosial akan lebih mereka prioritaskan dan mendapatkan nilai yang lebih, diantaranya:

· Mengikuti kegiatan volunteer

· Memiliki pengalaman magang atau bekerja. (untuk s2 dan s3)

3.      Pilih Universitas Yang Tepat

Kamu harus mempunyai strategi yang bagus beasiswa hunter. Ketika memilih kampus atau universitas-universitas di Turki aada satu hal yang harus kamu ingat. Saingan kamu bukan lagi para pelajar Indonesia, namun dari seluruh belahan dunia akan banyak sekali yang akan mendaftar beasiswa Turki. Pilih universitas yang tidak terlalu dijadikan tujuan dan favorit banyak orang, namun tetap berkualitas tinggi dalam segi pengajar atau dosen. Beasiswa YTB menyediakan 12 pilihan kampus favorit yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih secara bersilang, artinya memilih kampus-kampus besar (biasanya kota Ankara dan Istanbul ) dan kampus negeri biasanya (Sakarya, Bursa, Konya dan lainnya).

4.      Pilih Jurusan Linear

Ketika ingin melanjutkan studi pastinya kamu akan memilih jurusan yang sama seperti jurusan ketika kamu sekolah menengah atas atau S1 sebelumnya. Semisal, ketika SMA jurusan agama, maka ketika melanjutkan studi S1 juga mengambil program jurusan agama. Begitu pula selanjutnya, jika S1 jurusan tarbiyah, maka kamu perlu melanjutkan S2 juga di jurusan yang sama atau selinier dengan tarbiyah.

Memilih jurusan yang tidak linear cukup bermasalah, karena kamu akan merasa kesulitan dalam mempelajari materi di jurusan yang berbeda. Begitu pun dengan menulis mini tesi dalam form aplikasi kamu.

5.      Menguasai bahasa asing

Beasiswa YTB tidak mewajibkan pelamarnya memiliki sertifikat bahasa asing maupun memiliki kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab jika mendaftar beasiswa ini. Namun jikalau kamu punya itu bisa jadi poin. Sebab kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Arab akan berguna untuk membantu kamu menulis form aplikasi dan juga ketika sampai ketahap wawancara. Kamu bisa mengikuti les bahasa atau bimbingan kelas beasiswa terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang sesuai. (Yaya)

Berita Terkait klik disini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image