Safranbolu : Kota Warisan Dunia yang Ada di Turki

Travel  
Sumber Foto : @safranbolu._ Keindahan kota Safranbolu.

Istanbul- Kota Safranbolu merupakan kota penghasil rempah termahal di dunia dan sejak Desember 1994 ditetapkan sebagai Kota Warisan Dunia oleh UNESCO.

Distrik Safranbolu di Karabük, yang berisi 1125 dari sekitar 50 ribu aset budaya dan alam yang perlu dilindungi di Turki, berhasil masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO dalam skala kota dengan nama "kota Safranbolu" pada 17 Desember 1994.

Selain penginapan, pemandian, masjid, air mancur, dan jembatan dari masa Ottoman yang juga dikenal sebagai "ibu kota perlindungan" karena keberhasilannya melestarikan bangunan bersejarah, umumnya berlantai tiga, dengan 6-8 kamar. , dirancang sesuai dengan kebutuhan abad 18, 19 dan awal 20. Nasib distrik, di mana rumah-rumah tradisional dibentuk dengan cara yang estetis, berubah, karena menjadi "warisan dunia".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Safranbolu, di mana karya-karya monumental, yang merupakan blok bangunan terpenting dari budaya perkotaan Turki, dipulihkan dan kerajinan tangan yang akan hilang dihidupkan kembali, telah menjadi salah satu dari "20 kota yang paling terpelihara" di dunia.

Safranbolu, yang memiliki perbedaan sebagai satu-satunya "warisan dunia" skala kota di Turki dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian negara dengan menampung 1 juta 300 ribu turis lokal dan asing setiap tahun, dilestarikan dan diteruskan ke generasi mendatang.

Distrik yang disebut "sidik jari Ottoman" karena mencerminkan arsitektur, kehidupan kota, dan budaya Ottoman, terus membawa pengunjungnya dalam perjalanan sejarah di jalanan selama 27 tahun.

Dilansir dari Anadolu Agency (AA) 16.12.2021, Gubernur Karabük Fuat Gürel mengatakan bahwa Safranbolu adalah salah satu pusat pariwisata terpenting tidak hanya di Turki tetapi juga di dunia.

Menyatakan bahwa Safranbolu termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO 27 tahun yang lalu dan bahwa itu adalah satu-satunya kota di Turki dalam daftar ini, Gürel mengatakan, "Ini adalah pusat penting yang telah dilestarikan dari nenek moyang kita hingga hari ini dan bahwa kita berniat untuk melestarikan dan mentransfer ke generasi mendatang. Warisan Budaya Dunia UNESCO. Berada di daftar telah membuat Safranbolu dikenal di seluruh dunia dan meningkatkan jumlah tamu." dia berkata.

Menunjukkan bahwa ada aturan tertentu untuk dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO dan untuk mempertahankannya, Gürel berkata, "Orang-orang yang menjalankan kota kami, orang-orang Safranbolu, orang-orang Karabük telah membawa kota kami hingga hari ini dengan membuat besar upaya dan upaya untuk melindunginya. Saya harap kita akan membawanya ke generasi berikutnya. Ini adalah kota yang dikunjungi oleh hampir 5,5 juta orang. Mulai sekarang akan menjadi tuan rumah lebih banyak tamu." digunakan frasa.

Peneliti-penulis Aytekin , yang memiliki banyak karya yang diterbitkan di distrik bersejarah, juga mencatat bahwa masuknya sebuah kota di UNESCO memungkinkan untuk pindah ke dimensi budaya universal.

Menggarisbawahi bahwa kota itu sekarang dianggap sebagai warisan bersama masyarakat, Aytekin mengatakan, "Safranbolu adalah kotak permata dengan arsitektur sejarah, sosial dan budaya yang unik. Kami adalah kekayaan budaya ke-8 di Turki yang dimasukkan dalam Warisan Dunia UNESCO. Daftar. Safranbolu adalah nilai penting yang telah sepenuhnya dimasukkan dalam daftar. Pada UNESCO, Safranbolu telah menunjukkan bahwa itu adalah merek dalam arti kata yang sebenarnya." membuat penilaiannya./ Natul

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image