Keren! Upacara Peringatan Dirgahayu RI 77 Berlangsung di Salah Satu Universitas di Turki

News  
Dokumentasi Riyan Rachmadi

Istanbul - Para dosen dan mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang mengikuti kegiatan Summer School melaksanakan upacara bendera memperingati HUT RI 77 di lapangan Fatih Sultan Mehmet Üniversitesi diikuti juga oleh beberapa dosen dan mahasiswa asing di Universitas tersebut.

Momen upacara HUT RI di FSMVU yang diunggah ke akun resmi Instagram FSMVU

Bersukacita merayakan hari kemerdekaan adalah hal yang selalu dinanti oleh warga negara Indonesia dimana pun mereka berada. Walaupun sedang berada di Turki mengikuti kegiatan summer school yang menjadi kegiatan rutin Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII) tak menjadi hambatan bagi mahasiswa dan dosen UII untuk mengadakan upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di kampus luar negeri.

Kegiatan pertukaran Summer School sudah menjadi acara tahunan antara Jurusan Arsitektur, Universitas Islam Indonesia dan Fatih Sultan Mehmet Vakıf Üniversitesi (FSMVU) sejak tahun 2014. Ini adalah pertama kalinya upacara bendera dilaksanakan di FSMVU untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kalau di luar negeri biasanya upacara Hari Kemerdekaan diselenggarakan hanya di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Sejauh ini belum pernah ada upacara Dirgahayu RI diselenggarakan di Universitas luar negeri. Momen langka ini merupakan inisiatif Jurusan Arsitektur UII meminta izin kepada pihak Universitas dan Dekan Fakultas Arsitektur FSMVU untuk melaksanakan upacara bendera memperingati Dirgahayu RI 77.

"Kami sangat merasa terhormat dan dihargai karena diizinkan oleh pihak Fatih Sultan Mehmet Vakıf Üniversitesi untuk melaksanakan upacara bendera merayakan dirgahayu RI di lapangan kampus ini. Menurut saya ini adalah salah satu tanda bahwa orang Turki sangat mengapresiasi orang Indonesia dan menghormati momen hari kemerdekaan Indonesia". Ucap Prof.Ar.Noorcholis Idham,PhD selaku Ketua jurusan Arsitektur UII.

Upacara kemerdekaan yang sederhana tapi bermakna ini dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Arsitektur FSMVU Prof.Dr.Ibrahim Numan, Dosen dan beberapa Mahasiswa asing dari FSMVU. Tak lupa pula Diplomat dan Staff dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) juga ikut hadir mengikuti upacara.

"Saya sangat takjub melihat cara orang Indonesia melakukan upacara bendera untuk hari kemerdekaannya. Saya tidak tahu bagaimana mereka bisa kompak mengibarkan bendera dan berjalan seperti tentara dengan persiapan yang sangat singkat". Ucap Hayriye selaku warga Turki yang merupakan Asisten Dosen Arsitektur FSMVU.

"Upacara seperti ini sudah menjadi kegiatan rutin orang Indonesia setiap Minggu sejak mereka sekolah. Oleh karena itu bukan hal yang sulit lagi bagi orang Indonesia untuk melakukan upacara seperti ini dalam keadaan apapun". Jawab Riyan, Mahasiswa Indonesia yang belajar di FSMVU.

Suasana perlombaan setelah upacara di FSMVU diikuti juga oleh mahasiswa Internasional

Setelah melangsungkan upacara bendera, layaknya di Indonesia kegiatan perlombaan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan pun juga dilakukan. Seperti lomba makan kerupuk, joget kursi dan lain-lain. Seluruh peserta upacara tak terkecuali mahasiswa Internasional dari FSMVU juga ikut memeriahkan dengan berpartisipasi mengikuti perlombaan. Semuanya antusias dan seluruh rangkaian kegiatan pun sukses dilakukan.

Berita Terkait

Image

Diaspora dan PPI Turki Sukses Menggelar Festival Perdana Pasar Senggol

Image

SUKSES GELAR PASAR SENGGOL TURKI PPI TURKI KOLABORASI BERSAMA PPI DUNIA DAN BUMN

Image

Diaspora Indonesia di Turki Sukses Menyelenggarakan Festival Pasar Senggol 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image