PPI Turki Sukses Laksanakan Pembukaan Lokakarya bersama PPI Wilayah Turki

News  
Sumber: Yaya, Konya Turki

Konya - Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki mengadakan kegiatan Lokakarya dan Rilis (Reinformation in Leadership to Impact Society) yang diselenggarakan secara hybrid (offline sekaligus online) dimana kegiatan offline sendiri dilaksanakan di Grand Hotel Konya pada Jumat, 18 hingga 20 Maret mendatang.

Kegiatan Lokakarya diawali dengan pembukaan RILIS PPI Turki dilanjutkan dengan penyampaian materi sebagai bentuk kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar PPI Turki dan PPI Wilayah. Materi pertama mengupas tuntas mengenai manajemen konflik dalam lingkup berorganisasi, yang disampaikan Ika Puspasari, Sekretaris Jendral PPI Dunia.

Beliau memaparkan bahwa perbedaan ekspektasi bisa menyebabkan konflik dalam organisasi. Oleh karena itu ada cara tersendiri dalam mencegah konflik dengan mengidentifikasi, mengenali ekspektasi dan motif, komunikasi, meminimalisir kecurigaan dan kesalah pahaman, selective dan tranparansi. Namun bila konflik itu muncul, maka ada beberapa cara agar bisa menyelesaikannya yaitu dengan mendengarkan, memahami situasi, komunikasi (jika ada konflik head to head, dikomunikasikan di belakang forum), win win solution, tempo singkat(jangan terlalu berlarut-larut, dan fair (jangan berat sebelah).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah itu, materi kedua disampaikan oleh Bayiza Yusuf Hasanangga sebagai Ketua Departemen Budaya Minat dan Bakat PPI Turki, yang membahas tentang idealisme dan fungsi mahasiswa. Dimana beliau menjabarkan bahwa mahasiswa di dunia perkuliahan itu adalah masa transisi dari siswa ke maha siswa. Yang mana siswa itu hanya masuk kelas, belajar, dan pulang lagi. Tetapi di perkuliahan ada aspek pendidikan, penelitian, dan pengaplikasian/pengabdian.

Maka dari itu mahasiswa memiliki beberapa peran dan tujuan yakni, sebagai agen perubahan, generasi penerus, penjaga moral, pengontrol sosial dan penjaga nilai penting seperti kejujuran, keadilan dan lain-lain.

Berlanjut ke pembahasan mengenai manajemen organisasi dalam lingkup PPI Turki yang disampaikan oleh Fauzhul Azhim, Ketua Umum PPI Turki. Beliau menjelaskan fungsi manajemen organisasi yaitu Perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, kontrol, dan evaluasi.

Dimana dalam mengorganisir organisasi ini bisa dengan beberapa asas, asas perumusan tujuan, asas spesialisasi, asas hirarki wewenang, asas impersonalitas, asas sistem aturan. Acara pun berlanjut ke Forum diskusi antar peserta offline, dimana seluruh peserta Lokakarya akan mengupas dan membahas tuntas mengenai krisis kepemimpinan dan fenomena ghosting yang sering terjadi dalam lingkup organisasi PPI Turki dan PPI wilayah lainnya. (Rangga/Yaya)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image