PPI Hongaria Ikut Dalam Dialog Kebangsaan, Wakil Presiden RI Dukung Pelaksanaan Simposium PPI Dunia

Kabar PPI  

Bratislava, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof.Dr.KH.Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke Bratislava Slovakia. Kunjungan ini dilakukan setelah perjalanan dari Yunani. Dalam kunjungan yang dilakukannya, Wakil Presiden melakukan dialog kebangsaan Bersama Masyarakat Indonesia di Bratislava dan negara sekitarnya sepertidari Budapest dan Viena Austria.

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin menyampaikan tentang peran penting pelajar/mahasiswa Indonesia di luar negeri, Pekerja Migran Indonesia dan Masyarakat yang menetap di negara eropa untuk mempromosikan budaya Indonesia di Kawasan Eropa serta menunjukkan sikap dan perilaku Masyarakat Indonesia yang dikenal sopan, santun dan ramah. Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Wapres meyakinkan bahwa Pemerintah pusat maupun pihak KBRI harus bersikap netral dan menghimbau Masyarakat Indonesia di Kawasan Eropauntuk menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan inidengan ikut serta mencoblos di Tempat Pemungutan suara yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Dialog kebangsaan ini di pandu langsung oleh Duta Besar RI untuk Slovakia Pribadi Sutiono. Selain dihadirioleh PMI dan Masyarakat Indoneisa di Bratislava, Dialog kebangsaan ini juga di hadiri oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Hongaria (PPIH). Dalam kesempatan tersebut Duta besar RI untuk Slovakia meminta Koordinator PPI Hongaria Marhadi untuk memberikan tanggapan dan gagasan terkait kebangsaan kepada wakil presiden. Dalam tanggapannya Marhadi yang juga mahasiswa P.hD di Hungarian University of Agriculture and life Science MATE menyampaikan beberapa tanggapan dan pertanyaan.
Diantaranya adalah meminta dukungan kepada pemerintah Pusat melaluiWakil presiden Republik Indonesia terhadap pelaksanaan agenda tahunan PPI Dunia yakni Simposium Internasional yang aka digelar di awal September tahun 2024. Symposium Internasional iniakan di ikuti oleh perwakilan seluruh PPI Dunia dengan anggota sebanyak 65 PPI negara. Selain itu Marhadi juga menanyakan Langkah strategis Pemerintah Indonesia untuk terlibat aktif dalam perdagangan industry makanan halal di Eropa Tengah dan Eropa Timur
Menurut Wakil Koordinator PPI Dunia ini juga mengatakan bahwa industry makanan halal di Eropadidominasi oleh China, Thailand dan Vietnam. Padahal Indonesia dengan jumlah mayoritas adalah islam dan ratusan ribu jenis makanan khas Nusantara seharusnya memiliki chance untuk bersaing dipasar Eropa.

Dalam tanggapannya Prof Dr. KH. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Pemerintah siap dan akan selalumendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PPI Dunia. Karena PPI ini merupakan organisasi mahasiswa Indonesia yang berada diluar negeri dan memiliki potensi dan jaringat yang kuat. Keberadaan PPI Dunia tentu akan berkontribusi menuju Indonesia Emas 2045. Beliau juga akan mendukung dan apresiasi terhadap pelaksanaan Simposium Internasional PPI Dunia yang akan dilaksanakan di Budapest Hongaria. Beliau berharap Simposium Internasional ini akan menghasilkan rumusan dan rekomendasi terhadap arah Pembangunan Indonesia kedepannya. Karena Wakil Presiden yakin bahwa cendekiawan dan intelektualsemuanya melekat dan ada disetiap anggota PPI Negara. Sehingga Pemerintah Pusat berharap PPI Dunia dan PPI Negara bisa berkolabari untuk memberikan kontribusi dan pengabdian kepada Masyarakat Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selanjutnya terkait dengan makanan halal di Eropayang sangat susah di temui khususnya di Eropa Tengah dan Eropa Timur, Wakil Presiden Hongaria akan segera menindaklanjutinya dan melibatkan setiap komponenkhusus perdagangan luar negeri. Hal ini bisameningkatkan ekspor Indonesia ke benua eropa. Wapres juga berterima kasih kepada PPI Hongariakarena sudah menyampaikan gagasannya kepda beliaudan berharap PPI Hongaria dan PPI Dunia terlibat aktfifdalam mempromosikan Indonesia dikancah dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bursa Uludag University, Turkiye

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image