PPLN Budapest Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024 di Berbagai Penjuru Hongaria

Edukasi  
Agung Wicaksono, Ketua PPLN Budapest

KABARTURKI - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest terus aktif melakukan sosialisasi dan pendataan Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN) di berbagai lokasi dan kota di Hongaria.

PPLN Budapest, yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 bagi warga Indonesia di Hongaria, menjalankan inisiatif ini untuk menjelaskan betapa pentingnya pemilu 2024 dan membantu warga Indonesia yang baru tiba untuk mendaftar sebagai pemilih.

Agung Wicaksono, Ketua PPLN Budapest menyampaikan bahwa dalam dua minggu terakhir, telah diadakan enam agenda penyuluhan dan pendataan DPTbLN di berbagai tempat dan kota di Hongaria.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Acara pertama diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Budapest (KBRI Budapest) dengan peserta dari kalangan pelajar Indonesia di Hongaria pada tanggal (08/10). Fokus acara ini adalah memberikan pemahaman mengenai signifikansi pemilu 2024 di Hongaria dan mendaftarkan mahasiswa baru yang baru tiba di Hongaria untuk studi.

Acara ini didukung oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hongaria (PPI Hongaria).

Dua acara penyuluhan dan pendataan DPTBLN diselenggarakan pada tanggal (13/10). Yang pertama adalah kolaborasi antara PPLN Budapest dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Hongaria (PCIM Hongaria).

Acara ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai berbagai aspek terkait pemilu 2024 di Hongaria. Pada tanggal yang sama, Anggota PPLN Budapest, La Ode Nazaruddin, juga pergi ke kota Szarvas untuk mendata para pekerja migran Indonesia yang bekerja di sana agar dapat memilih di Hongaria.

PPLN Budapest melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendataan pemilih bagi pekerja Indonesia yang tinggal di Asrama Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di VAPISA Kft pada tanggal 5 dan 18 Oktober 2023.

Kegiatan ini penting karena banyak pekerja migran Indonesia yang baru tiba di Hongaria. PPLN Budapest berupaya untuk memastikan hak pilih mereka dapat terakomodir.

PPLN Budapest juga melakukan penyuluhan dan pendataan DPTBLN di Kota Pecs, dengan target seluruh pemilih Indonesia yang tinggal di sana.

Agung Wicaksono yang juga merupakan Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau (UIR) ini mengatakan kegiatan penyuluhan bertujuan untuk memastikan bahwa semua pemilih memahami pentingnya pemilu sebagai proses kunci dalam transisi kepemimpinan di Indonesia, serta memahami berbagai aspek penting terkait pemilu di luar negeri, khususnya di Hongaria.

Selama pendataan DPTbLN, lebih dari 100 pemilih baru di Hongaria telah terdaftar, yang didominasi oleh pekerja migran Indonesia yang baru tiba di Hongaria dan pelajar Indonesia yang baru datang. Agung memperkirann jumlah DPTbLN Hongaria akan terus bertambah mengingat terus berdatangnya WNI ke Hongaria dengan tujuan bekerja maupun melanjutkan studi.

PPLN Budapest berkomitmen untuk membuat proses Pemilihan Umum 2024 dapat di pahami oleh seluruh pemilih yang ada di Hongaria. Upaya sosialisasi dan pendataan ini adalah langkah penting untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat Indonesia dalam proses demokratis ini.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image