PPLN Budapest Sukses Sosialisasikan Pemilu 2024 dalam Momentum Idul Adha di KBRI Budapest

News  
Agung Wicaksono, Ketua PPLN Budapest, Hongaria

KABARTURKI – PPLN Budapest menggelar acara sosialisasi Pemilu 2024 yang berlangsung di KBRI Budapest pada Rabu, 28 Juni 2023, seiring dengan perayaan Sholat Idul Adha.

Agung Wicaksono, Ketua PPLN Budapest, menjelaskan bahwa momen Idul Adha bukan hanya sebagai peristiwa sakral bagi umat Islam, tetapi juga menjadi kesempatan berharga untuk berkumpul dan saling bersilaturahmi bagi seluruh WNI dari berbagai kalangan di Hongaria.

Dalam kesempatan tersebut, sosialisasi dilakukan guna memberikan informasi penting terkait pelaksanaan Pemilu 2024, termasuk timeline pemilu, Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), dan gambaran umum tentang tata cara pelaksanaan pemilu di Hongaria.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Agung, yang juga sedang menempuh studi doktoral di bidang Ilmu Politik di Corvinus University of Budapest, menekankan bahwa pemilu memiliki peran penting dalam memberikan legitimasi politik kepada pemerintahan dan para pemimpin yang terpilih, baik dalam eksekutif maupun legislatif. Melalui proses pemilu, prinsip dasar negara demokrasi yang berlandaskan kedaulatan rakyat dapat terwujud.

Acara Sosialisasi Pemilu 2024 ini merupakan kolaborasi antara PPLN Budapest dan KBRI Budapest, dengan tujuan bersama-sama meraih kesuksesan dalam pesta demokrasi lima tahunan yang akan datang. Acara tersebut dihadiri oleh lebih kurang 300 orang, terdiri dari pelajar Indonesia, pekerja migran Indonesia, dan beragam latar belakang lainnya. Tak hanya itu, dalam rangkaian acara tersebut juga disajikan hidangan snack khas Indonesia untuk memenuhi kerinduan WNI terhadap tanah air.

Arif Singapurwoko, seorang Dosen Universitas Islam Indonesia yang sedang menjalani studi doktoral di University of Pecs, menyatakan pentingnya kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh PPLN Budapest. Menurutnya, kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi WNI di Hongaria terhadap pentingnya Pemilu 2024.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Agra Adipta, seorang WNI yang bekerja di Hongaria. Agra mengatakan bahwa ia mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai aspek-aspek penting dalam pemilu 2024 di Hongaria, salah satunya yakni pemilihan di luar negeri hanya menyediakan dua surat suara, yaitu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta DPR-RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.

PPLN Budapest berkomitmen untuk terus meningkatkan partisipasi dan kesadaran pemilih WNI di Hongaria serta memastikan kelancaran proses pemilihan yang transparan, adil, dan akuntabel. Melalui sosialisasi yang dilakukan dalam momentum Idul Adha ini, diharapkan semakin banyak WNI yang aktif terlibat dalam Pemilu 2024.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image