Wujudkan Visi Internasionalisasi: FTUI dan Osaka University Pererat Jalinan Kolaborasi

Edukasi  
Penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. dan Dekan Graduate School of Engineering Science / School of Engineering Science, Universitas Osaka, Prof. Shigeo Wada.

KABARTURKI, DEPOK - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) tanpa henti terus melakukan eksplorasi kerjasama dengan universitas-universitas ternama luar negeri. Kali ini universitas tujuan kolaborasi adalah Osaka University, Jepang yang merupakan salah satu universitas terbaik dan salah satu lembaga penelitian paling produktif di Jepang.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Osaka University (14/09) oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. dan Dekan Graduate School of Engineering Science / School of Engineering Science, Universitas Osaka, Prof. Shigeo Wada. Kolaborasi yang direncanakan kedepannya difokuskan pada kegiatan pertukaran pelajar dan faculty exchange untuk memfasilitasi para staf pengajar dan peneliti FTUI ke Osaka University.

Prof. Heri Hermansyah mengungkapkan bahwa Osaka University memiliki tradisi akademis dan penelitian interdisiplin yang kuat terutama dibidang interdisiplin sains dan enjinering. Selain memperluas peluang pertukaran pelajar bagi para mahasiswa pascasarjana FTUI, kerja sama ini juga membidik peluang melakukan pertukaran staf pengajar untuk memperluas wawasan dan pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

”Ini akan menciptakan kesempatan bagi dosen FTUI untuk mengajar di lingkungan akademik yang berbeda, menghadirkan perspektif baru dalam pengajaran, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di kedua institusi. Selain itu, pertukaran staf pengajar ini juga akan mendorong kolaborasi dalam proyek penelitian yang lebih mendalam, merangsang inovasi, dan menghasilkan penemuan-penemuan baru yang dapat memberikan dampak positif dalam skala global,” kata Prof. Heri.

Sementara itu, Prof. Shigeo Wada, menyambut hangat perjanjian ini. "Kerjasama dengan FTUI adalah langkah yang sangat penting bagi kami. Osaka University dan FTUI memiliki sejarah panjang kerja sama dan masing-masing universitas memiliki pengalaman dan keahlian yang kuat di berbagai bidang ilmu teknik. Kami yakin kolaborasi ini akan menghasilkan pencapaian ilmiah yang signifikan."

Perjanjian ini juga membuka pintu bagi mahasiswa dari kedua institusi untuk mengikuti program pertukaran yang akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman belajar dan riset di lingkungan akademik yang berbeda. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan wawasan internasional, kemampuan berbahasa, dan koneksi profesional yang berharga.

Selain itu, perjanjian ini akan memfasilitasi pertukaran penelitian antara dua institusi, yang akan memungkinkan peneliti FTUI dan Osaka University untuk bekerja sama dalam proyek-proyek ilmiah yang inovatif dan berdampak. Kerjasama antara FTUI dan Osaka University adalah contoh nyata dari upaya globalisasi pendidikan tinggi dan penelitian yang semakin penting dalam dunia yang terus berubah.

Selain Prof. Heri Hermansyah, turut hadir mewakili FTUI, Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., Kepala Unit Wirausaha Inovasi dan Kepala Reverse Engineering Center. Mereka disambut oleh Prof. Hiroshi Umakoshi, Prof. Shinji Sakai, dan Prof. Shinji Deguchi dari Osaka University.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image