Kordinator PPI Dunia, Achyar Al Rasyid Diundang Pemerintah Tiongkok Sebagai Influencer ASEAN

Kabar PPI  
Koordinator PPI Dunia Achyar Al-Rasyid menghadiri The 2nd ASEAN-China Online Influencers Conference. Sumber: PPI Dunia

KABARTURKI - Konferensi Influencer ASEAN-China ke-2 sukses dihelat di Kota Fuzhou, Tiongkok, Kamis, 18 Mei 2023 - Minggu, 21 Mei 2023.

Acara ini diselenggarakan bersama oleh China Public Diplomacy Association, ASEAN-China Centre, Global Times Online, Office of Fujian Provincial Party Committee Cyberspace Affairs Commission, Foreign Affairs Office of the People’s Government of Fujian Province, Department of Commerce of Fujian Province, dan Fuzhou Municipal People's Government.

Hadir sebagai pembicara adalah para duta besar dan influencer muda dari Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, Achyar Al Rasyid dan Novi Basuki juga diundang sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Dalam paparannya, Achyar menyampaikan bahwa ekonomi digital masa depan salah satunya akan muncul di bidang lingkungan hidup.
Terkait hal ini, Tiongkok telah berhasil membangun pasar domestik karbon dalam negerinya pada 1 Februari 2021. Tiongkok memanfaatkan teknologi digital untuk pengoperasian pasar karbonnya.

"Keberhasilan Tiongkok dalam membangun pasar karbon domestik ini perlu memberikan inspirasi dan ajakan bagi negara-negara di ASEAN. Khususnya Indonesia, kerjasama business to business dengan Tiongkok dalam hilirisasi industri sumber daya alam terbukti sudah berjalan berhasil dan akan terus berjalan untuk komoditi lainnya. Selanjutnya bisa diiringi dengan kerjasama dalam bidang lingkungan hidup, khususnya pembangunan pasar karbon," kata Achyar.

"Bayangkan, tahun 2021 ada 374 juta anak muda ASEAN dan Tiongkok. Kalau semuanya bergerak dalam pelestarian lingkungan yang selanjutnya ada nilai bisnis dengan terlibat aktif menjadi pemain dalam perdagangan karbon, akan sangat luar biasa. Lingkungan terlestarikan, pemasukan bagi masyarakat ASEAN dan Tiongkok akan meningkat," lanjut Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia tersebut.

Dalam skala yang lebih mikro, Novi Basuki menyoroti bagaimana pengaruh Artificial Intelligence, khususnya dengan kemunculan ChatGPT, dalam hubungan Indonesia-Tiongkok.

"ChatGPT memang luar biasa. Bisa menjawab hampir semua pertanyaan manusia. Tapi, kecermatan dan rasa ingin tahu dengan mencari dari berbagai macam sumber, tetaplah harus dikedepankan, khususnya bagi anak-anak muda," ujar Novi.

"Pasalnya, saya sudah mencoba menggunakan ChatGPT dengan menanyakan bagaimana kondisi muslim di China. Dijawab panjang lebar, tetapi cenderung subjektif dan tendensius terhadap kebijakan keagamaan pemerintah China. Saya juga pernah menanyakan soal One Belt One Road. Jawabannya tidak jauh-jauh dari jebakan utang," sambung Novi, yang cukup lama menempuh pendidikan di Tiongkok.

Selain menghadiri konferensi, para influencer dibawa berkunjung ke beberapa tempat pembangunan industri di Tiongkok, termasuk ke megaproyek "Two Countries, Twin Parks" yang dibangun Indonesia dan Tiongkok. (Fauzul)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image