Dukung Kemajuan Kualitas Pendidikan Indonesia, PPI Turki Gelar Webinar Pendidikan Nasional

Kabar PPI  
ppi turki

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki mengadakan Webinar Nasional dalam rangka PPI Turki Upgrading Educating Days.

Acara berlangsung pada hari Sabtu, 07 Desember 2022 secara daring menggunakan platform zoom. Webinar Nasional yang digelar dengan mengusung tema “Think Globaly, Act Locally”.

Mengulas isu pendidikan yang menjadi polemik selama bertahun-tahun hingga sekarang. Mulai dari rendahnya angka literasi di Indomesia, minimnya SDM tenaga pengajar yang berkualitas, tidak meratanya sarana dan prasananya yang menunjang hingga tumpang tindihnya sistem pendidikan yang berlaku di instansi pendidikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua PPI Turki, Arsya Khairunnisa menyampaikan bahwa salah satu tujuan webinar ini terlaksana untuk mendukung serta mengajak semua lapisan masyarakat baik dari pelajar hingga diaspora Indonesia di luar negeri, bisa melek dengan kualitas dan perkembangan pendidikan bangsa Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhammad Iqbal mengapresiasi penuh webinar yang telah berhasil diselenggarakan oleh PPI Turki. Lalu Iqbal juga ikut memberikan pandanganya terhadap sistem dan kualitas pendidikan bangsa Indonesia, yang dinilai masih banyak PR dan harus bisa dicarikan solusinya bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemangku pemerintahan atau stakeholder, namun semua lapisan harus ikut andil termasuk para pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

ppi turki

Webinar diisi dengan pemaparan materi oleh 4 narasumber, yaitu Wakil Ketua MPR RI oleh Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, Lc, M.A., Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan PPN/Bappenas yang berhalangan hadir dan digantikan oleh Didik Darmanto, Plt., Direktur Pembeljaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud oleh Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T., serta Aktivis Pendidikan yang juga menjabat sebagai Direktur YNS oleh Eka Simanjutak.

Materi yang diangkat dalam pembahasan webinar pendidikan nasional ini addalah “Strategi Peningkatan Sistem Indonesia dalam Menciptakan SDM yang Siap Menuju Indonesia Emas 2045” yang dipaparkan oleh Dr. Hidayat. Kemudian dilanjutkan fokus pembahasan materi mengenai “Bagaimana Implementasi SDGs 4 Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional di Indonesia” disampaikan oleh Didik Darmanto. Bagaimana Kualitas Pendidikan di Indonesia Dapat Menciptakan SDM yang Berdaya oleh Eka Simanjutak. Peran Pendidikan untuk Pendidikan Nasional di Indonesia oleh Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T.

Tak kurang dari 100 peserta hadir mengikuti rangkaian acara webinar, para peserta yang hadir dalam webinar pun beragam, mulai dari para guru pengajar, para pelajar yang sedang menjalankan study di dalam dan luar negeri, atase pemerintah daerah, hingga stakeholder pendidikan.

Uniknya dari webinar yang berlangsung ini, para peserta tidak hanya diperbolehkan untuk bertanya, namun juga dipersilahkan untuk mengkritisi dan memberi masukan serta saran untuk para narasumber. Saran hingga kritikan yang disampaikan, harapanya bisa tersampaikan ke pemangku pemerintahan, alih-alih lebih bisa menjadi pemacu awal terbentuknya sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia yang lebih ideal dan maju.

Para diaspora Indonesia di luar negeri juga diharapkan menjadi promotor perubahan tersebut, dengan ilmu yang didapatkan di luar negeri, semoga bisa diimplementasikan untuk kemajuan kualitas pendidikan di Indonesia dan menjadi pelaku sejarah dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. (Mujtaba)

Editor : Hidayah Hariani

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Awardee Turkiye Burslari 2020 Magister Tafsir of Sakarya UniversityMedia Pers PPI TurkiHidup kaya raya mati masuk surga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image