PERINGATI HARI BATIK: MAHASISWA TURKI ADAKAN DEMO BATIK UNTUK WARGA LOKAL TURKI

News  
PPI Turki

Turki – Pada 2 Oktober bagi masyarakat Indonesia dikenal sebagai peringatan hari batik Nasional. Masyarakat dari seluruh kalangan mengenakan baju batik demi menyambut hari peringatan batik yang bertepatan pada 2 Oktober 2022. Pelajar dan mahasiswa diberbagai belahan dunia pun turut merayakan peringatan hari batik ini. Salah satunya Perhimpunan Pelajar Indonesia diTurki berkolaborasi denga Turkiye Burslari menyelanggarakan kegiatan Batik x Ebru. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor kemahasiswaan Türkiye Bursları Hamamönü Ofisi YTB, Ankara.

Dalam memperingati hari batik nasional, PPI Turki turut memperkenalkan salah satu kebanggaan Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik kepada masyarakat lokal Turki khususnya serta mahasiswa international yang berada di Ankara umumnya.

Dua jenis seni gambar tradisional oleh dua negara yang terpisah ribuan kilometer, kini akan dikolaborasikan pada sebuah acara kolaborasi seni yang bertepatan pada Hari Batik Nasional. Secara bahasa, batik berasal dari kata mbat yang berarti melempar berkali-kali dan tik yang berarti titik. Secara istilah, seni batik adalah teknik menggambar di atas kain dengan memanfaatkan lilin dan canting sebagai alat dan bahan pembuatannya. Sedangkan ebru merupakan sebuah seni melukis diatas minyak. Ebru adalah seni membuat pola-pola berwarna dengan cara memercikkan dan menyapukan cat warna ke atas air yang berminyak dan kemudian memindahkan pola berwarna ini ke atas kertas. Seni melukis ini mulai diperkenalkan pada abad ke-13 di Turki dan menyebar ke Cina, India, Persia, dan Anatolia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PPI Turki

Duta Besar Turki, Bapak Lalu Iqbal mengatakan bahwa Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Negara Turki sudah sejak lama dan dalam beberapa kesempat, Indonesia dan Turki memiliki kesamaaan baik terkait nilai, mindet, psikologi dan juga social kultur yang ada dikedua negara. Sehingga dengan budaya yang sangat kaya ini, Indonesia dan Turki bisa saling memperkenalkan kekayaan mahakarya dan warisan budayanya dan merasa bangga ketika diperkenalkan ke khalayak global.

Maryam, salah satu mahasiswa lokal yang menghadiri acara Batik x Ebru turut menyatakan kebahagiaanya ketika mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Dia mengatakan bahwa batik yang merupakan seni lukis diatas kain ini sangat luar biasa. Menjadi suatu pengalaman yang sangat menarik baginya, karena ia melihat dari lukisan yang diukir diatas kemudian dikenakan menjadi sebuah pakaian itu merupakan sesuatu yang sangat indah.

PPI Turki

Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama dilaksanakan pagi hari menjelang siang. Para peserta melaksanakan kegiatan Ebru Atoliyesi, yakni pengenalan sejarah Ebru, demo Ebru dan ditutup sesi foto bersama. Sesi kedua, dilaksanakan setelah salat zuhur hingga menjelang sore. Para peserta diberikan pengenalan terkait sejarah batik kemudian dilanjutkan dengan demo batik yang dilukis diatas tas dan pouch yang telah disediakan panitia dan ditutup sesi foto bersama. (Hidayah Hariani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Awardee Turkiye Burslari 2020 Magister Tafsir of Sakarya UniversityMedia Pers PPI TurkiHidup kaya raya mati masuk surga

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image