PCINU Turki berhasil Selanggarakan Konferensi Cabang ke VI di Istanbul Turki

Agama  
Keluarga Nahdliyin PCINU Turki yang turu hadir pada Konferensi Cabang VI di Istanbul, Turki

Istanbul – Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Turki telah menyelenggarakan Konferensi Majelis Cabang (Konfercab) VI PCINU Turki pada Minggu (28/8/22) di Hacı Beşir Ağa Camii, Istanbul, Turki. Rangkaian acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua panitia, Ketua Tanfidziyah dan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Rais Suriyah periode 2020-2022. Acara dihadiri oleh keluarga Nahdliyin yang datang dari seluruh penjuru kota di Turki serta para pendiri PCINU Turki yang masih bermukim di Turki.

Dalam kesempatan ini, Gus Munji sebagai Ketua Rais Suriyah periode 2020-2022 menyampaikan harapannya untuk kepengurusan baru yang akan dibentuk di periode selanjutnya. “Pesan saya kepada para pengurus yang akan melanjutkan kepengurusan berikutnya adalah saya meminta untuk tolong hidupkan PCINU Turki kembali” pesan Munji. Beliau menyampaikan hal tersebut dikarenakan eksistensi PCINU Turki yang sudah cukup lama di Turki dan memerlukan semangat dan inovasi yang baru. “Organisasi NU telah masuk ke abad ke-2 sejak berdiri di Indonesia, oleh karena itu kita harus melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai oleh para pendahulu kita di abad pertama” tambah Munji.

Pada kepengurusan periode ini, pengurus PCINU Turki sempat melakukan reshuffle pengurus di tengah masa jabatan dikarenakan Ketua Tandfidziyah yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikannya di Turki yang membuat jabatannya di kepengurusan PCINU Turki otomatis tidak dapat dilanjutkan. Setelah memilih ketua Tandfidziyah yang baru, pengurus PCINU Turki kembali melanjutkan program kerja yang telah disesuaikan oleh kepengurusan yang baru.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Konfercab PCINU Turki dilakukan sekali dalam 2 tahun untuk melaporkan hasil kerja yang telah dilakukan selama 1 periode melalui sidang yang dipimpin oleh presidium sidang yang telah dipilih oleh para peserta yang hadir. Sesuai dengan tata tertib Bab I pasal 1, Konfercab PCINU Turki memiliki kedudukan sebagai permusyawaratan tertinggi. Oleh karena itu, pemilihan Ketua Tanfidziyah juga diputuskan melalui sidang ini.

Setelah melewati sidang Laporan Pertanggung Jawaban, peserta sidang memilih Ketua Tanfidziyah melalui voting yang diadakan secara rahasia. Para peserta memilih 1 dari 4 nama calon Ketua Tnfidziyah yang telah ditetapkan oleh Ahlul Ahli wal ‘Aqdi (AHWA). Calon Ketua Tanfidziyah yang diajukan ialah Gus Deden dari Kota Sakarya, Gus Labib Kota Istanbul, Gus Arfan dari Kota Sakarya, dan Ning Nazihah dari Kota Istanbul.

Melalui hasil voting dan musyawarah para AHWA, Ketua Tanfidziyah yang terpilih ialah Ning Nazihah dengan total suara 13 dari 42 keluarga Nahdliyin yang memberikan suara. “Hasil keputusan ini merupakan hal yang cukup bersejarah pada kepengurusan PCINU Turki karena untuk pertama kalinya, Ketua Tandfidziyah terpilih adalah perempuan yang diharapkan akan membawa banyak gebrakan dan perubahan baru” ungkap Gus Munji.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi S1 Bursa Uluda University Turki

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image