Diaspora Indonesia di Turki Sukses Menyelenggarakan Festival Pasar Senggol 2022

News  
Sumber Foto : @pasarsenggol.tr

Istanbul- Setelah seluruh dunia dilanda pandemi, hampir seluruh kegiatan terhenti. Di pertengahan tahun 2022 ini pandemi mulai sedikit mereda. Diaspora Indonesia di Turki secara kompak menyelenggarakan acara Festival Pasar Senggol yang diselenggarakan di Istanbul Haliç Kongre Merkezi.

Tidak hanya mempromosikan budaya Indonesia Pasar senggol ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wadah kepada penggiat bisnis Indonesia yang semakin banyak di Turki. Terutama penggiat bisnis di bidang produk makanan dan kuliner.

Konjen RI Istanbul Imam As'ari dalam kata sambutannya berkata,

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Seperti di beberapa Negara, Festival ekonomi dan budaya Indonesia diselenggarakan setiap tahun. Seperti contohnya Tontong Festival yang menjadi agenda setiap tahun bagi diaspora Indonesia di Belanda. Festival Pasar Senggol di Turki diharapkan bisa menjadi agenda setiap tahun yang diselenggarakan oleh diaspora Indonesia di Turki."

Sumber Foto : Dokumen Foto Hassanatul Azni

Acara pasar senggol ini diprakarsai oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI Istanbul), Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI Turki) dan didukung penuh oleh seluruh elemen ormas diaspora Indonesia di Turki.

BUMN market dari Indonesia ikut meramaikan acara Festival Pasal Senggol. Seperti Haluan Bali Fashiontech,Bermani Coffee dan lain-lain. Selain itu produk Produk kecantikan terkenal asal Indonesia yakni MS Glow juga hadir mendukung acara Pasar Senggol.

Sumber Foto : Dokumen Foto Hassanatul Azni

Dihadiri oleh Duta Besar RI Ankara Lalu Muhammad Iqbal, di acara Festival Pasar Senggol diaspora Indonesia di Turki juga berkesempatan memperkenalkan Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI) yang diketuai oleh Emilio selaku CEO dari Enturk Lojistik. Komunitas ini secara umum dibentuk untuk memperkuat jaringan dan kesempatan pebisnis Indonesia di Turki.

Ada 50 Produk Indonesia dan Asean mengisi stan yang telah disediakan oleh Panitia Pasar Senggol. Produk kuliner dan makanan rumahan seperti bakso,es campur,nasi padang dan makanan tradisional lainnya ikut memanjakan lidah pengunjung Pasar Senggol 2022.

Warga lokal Turki, dan expat dar berbagai Negara pun juga ikut datang menghadiri acara Festival Pasar Senggol.

Sumber Foto : Dokumen Foto Hassanatul Azni

Salah satu warga lokal yang bernama Ahmet berkata,

"Saya sangat takjub melihat acara festival ekonomi dan budaya yang luar biasa ini, di sini saya dapat mengenal lebih dekat budaya dan kuliner Indonesia dan bertemu banyak orang Indonesia yang sangat baik dan ramah."

Selain pameran produk UMKM dan kuliner Indonesia, Festival Pasar senggol juga menampilkan beberapa tarian tradisional Indonesia. Seperti tari Minang, tari Bali dan tari daerah lainnya.

"Setelah 2 tahun pandemi akhirnya ada acara festival Indonesia yang besar seperti ini, lepas sudah rasa rindu saya berkumpul dengan komunitas diaspora Indonesia dengan adanya acara Pasar Senggol ini. Saya berharap tidak ada lagi pandemi dan acara Festival Pasar Senggol akan diselenggarakan setiap tahun." Kata Mbak Rully, salah satu diaspora penggiat UMKM Indonesia yang mengisi stan Pasar Senggol./Natul

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Alumni dari Istanbul university jurusan komunikasi jurnalistik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image