10 MANFAAT ZAKAT YANG BISA KAMU DIRASAKAN

Agama  
editor: yaya

Seperti yang kita semua ketahui, zakat merupakan salah satu dari 5 rukun Islam. Zakat diwajibkan atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Tapi tahukah kamu bahwa selain melaksanakan perintah Allah SWT, tujuan pensyariatan zakat ialah untuk membantu umat Islam yang membutuhkan bantuan juga pertolongan. Oleh karena itu, syariat Islam memberikan perhatian besar dan memberikan kedudukan tinggi pada ibadah zakat ini.

Zakat berasal dari kata "zaka" yang artinya suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Di dalam zakat tersirat harapan besar untuk memperoleh keberkahan dan memupuk kebaikan serta kebersihan jiwa kepada yang melaksanakan.

Makna "tumbuh" dan "berkembang" dalam zakat artinya adalah dalam menunaikan zakat tentu saja akan menghasilkan banyak pahala. Sementara itu makna "suci" dalam zakat dimaksudkan sebagai sarana untuk mensucikan jiwa dan pencuci dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini, ada banyak sekali manfaat dalam berzakat lho teman-teman! Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menenangkan hati.

Zakat dapat melatih keikhlasan seseorang. Jika dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan sedikit pun maka dalam hal ini zakat dapat menjadi sarana untuk melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan pada orang lain. Karena segala sesuatu yang berat akan terasa ringan bila dilakukan dengan ikhlas guys!

2. Menyempurnakan Iman

Berzakat merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

3. Membersihkan hati dan diri

Tahukah kamu bahwa dengan membayar zakat, secara otomatis muslim telah masuk ke dalam kelompok orang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok orang-orang kikir.

Alasannya, jika seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apapun, seperti pengetahuan, uang, atau kebaikan, dirinya akan merasa lebih lengkap ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain. Wah, dermawan sekali bukan?

5. Menghapus Dosa

Berbuat kebaikan dapat menambah pahala dan mengurangi dosa kita lho, atau bahkan menghapusnya. Rasulullah SAW bersabda,"Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaai).

6. Menghapus Dendam

Mengeluarkan zakat dapat menghapus dendam, dan perasaan sakit hati dari orang-orang tak mampu. Dengan begitu, kamu akan mengurangi prasangka buruk yang ada pada mereka.

7. Zakat Memberi Lebih

Hey tahukah kamu? dengan mengeluarkan zakat, seseorang diyakini akan mendapatkan rezeki lebih. Zakat berarti proliferasi, atau pertumbuhan. Jadi ketika kamu memberikan zakat, maka penghasilan kamu akan meningkat. Menarik sekali bukan ibadah satu ini?

8. Penghasilan Orang Dibersihkan

Diyakini bahwa pemberian zakat selama setahun keuangan Islam membantu memurnikan seluruh penghasilan kamu lho!

9. Pelindung di Hari Akhir

Sebagaimana yang kita semua ketahui, pada saat hari kiamat, Islam mengajarkan bahwa seluruh manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar. Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, tentang salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah teduh Allah SWT pada saat hari kebangkitan adalah:

"orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanannya."

10. Mencapai Keimanan yang Sempurna

Rasulullah SAW bersabda, "Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhari: 13)

Dalam kaitannya dengan zakat, tanpa disadari kamu juga menyempurnakan iman dengan tidak hanya mementingkan dirimu sendiri saja, melainkan juga orang-orang lain yang membutuhkan. (Jane/Yaya)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Awardee Turkiye Burslari 2020 Magister Tafsir of Sakarya UniversityMedia Pers PPI TurkiHidup kaya raya mati masuk surga

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image