Pesona Selat Bosphorus Turki Membelah Wilayah Daratan Asia dan Eropa

Travel  

Turki merupakan salah satu negara yang terbilang unik karenabisa menikmati keindahan Asia dan Eropa yang dipisahkanoleh selat Bosphorus. Selat Bosphorus juga memiliki peranmenghubungkan antara Laut Marmara dan Laut Hitam. Di sinilah persinggungan Eropa dan Asia, pusat dari berbagaiperadaban. Selat Bosphorus di kota Istanbul, penghubungdaratan Eropa dan daratan Asianya dengan sapuan warna yang membiru.

Sejak masa kejayaan Yunani yakni sebelum era Ottaman, Selat Bosphorus Istanbul Tukri telah menjadi pusat perdanganrempah-rempah yang sangat padat. Selat Bosphorus menjadisaksi Al-Fatih ketika menaklukkan benteng Konstantinopel.

Sumber: Hidayah Hariani

Sejak masa pemerintahan Ottoman pada abad ke-15 dansebelumnya, ketika Bosphorus dikenal sebagai Konstantinopeldi bawah Bizantium, Bosphorus turut membentuk karakterkehidupan dan budaya warganya di Istanbul. Puluhan ribukapal melintasi sekitar setiap tahun, menjadikan Bosphorussebagai salah satu gerbang maritim tersibuk di dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selat Bosphorus telah ikut membuka jalan penemuan benuaAmerika setelah penaklukan Ottoman di atas Istanbul, kesultanan Islam yang didukung oleh rakyatnya, kemudianmemperbaiki jalur perdagangan serta memaksimalkan fungsisebagai jalur maritim.

Ada dua jembatan yang menjadi sarana penyebrangan selatBosphorus. Pertama ada jembatan Bosphorus yang memilikipanjang sekitar 1.074 m yang selesai dibangun pada tahun1973. Jembatan itu berganti nama menjadi ‘Jembatan Syahid15 Juli’ setelah 34 warga sipil dibunuh oleh upaya kudetaberdarah pada 2016. Yang kedua ada jembatan Fatih Sultan Mehmet dengan panjang 1.090 meter dan diselesaikanpada 1988 sekitar 5 km sebelah utara dari jembatanBosphorus.

Selat yang memiliki panjang sekitar 19 mil dengan lebarmaksimum 2,3 mil (3.700 m) di pintu masuk utara dan lebarminimum 750 meter antara dua benteng era Ottoman, Rumelidan Anadoluhisari. Kedalaman selat berkisar antara 36,5meter hingga 124 meter di tengah sungai. Wisatawan dapatmenyaksikan arus deras kapal yang berlayar dari Laut Hitamke Laut Marmara serta arus berlawanan di bawah permukaandengan salinitas tinggi dari Marmara ke Laut Hitam.

Perjalanan laut yang mengairi Selat Bosphorus, para wisatawan biasanya akan diajak untuk mengikuti tour laut yang dimulai dari daerah Uskudar dan mengakhiri pelayarandi daerah Kabataş Istanbul Turki. Bosphorus dikenal sebagai ikon Istanbul dimana selat yang memisahkan antara daratanEropa dan Asia dikenal sebagai selat Bosphorus. Pada masa Persia, selat Bosphorus di jadikan sebagai jalur perdagangan. Kemudian setelah Konstantinopel ditaklukkan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, selat Borporus menjadi jalur perdagangan International hingga sekarang menjadi ikon laut bagi para turis yang datang berwisata.

Wisatawan yang dating berkunjung ke Bosphorus akan takjubmelihat betopa eksotiknya selat Bosphorus. Terlebih jikaberlayar dengan kapal, para wisatawan dapat merekampemandangan kota Istanbul yang begitu mempesona dan jugamenikmati keseruan laut dimana wisatawan dapat bertemudengan lumba-lumba ketika melakukan perjalanan di selat Bosphorus. Dapat dipastikan kamu akan sangat senang jikabisa datang dan berkunjung ke Turki. (Yaya)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image