14 Maret : Peringatan Sejarah Hari Kedokteran Turki

Sirah  
Sumber: TRT Haber

14 Maret merupakan peringatan hari kedokteran nasional di Turki. Sama halnya di Indonesia, Hari Dokter Nasional diperingati bertepatan pada tanggal hari jadinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal 24 Oktober 1994.

Namun, bagaimana sejarah munculnya hari kedokteran atau hari Medis di Turki? Pada hari dibukanya sekolah Tıphane Amir ve Cerrahhane Amire di Tulumbacıbaşı Mansion, wilayah ihzadebaşı merupakan cikal bakal berdirinya dari pendidikan kedokteran modern di Turki.

Pada tanggal 14 Maret 1827, Tabib istana Ottoman, Mustafa Behcet telah menyarankan untuk membuka sekolah kedokteran modern.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perayaan pertama kali ketika itu berlangsung di Istanbul yang yang bertepatan pada tanggal 14 Maret 1919. Hari itu, di bawah kepemimpinan mahasiswa kedokteran tahun ke-3 Hikmet Boran, mahasiswa kedokteran berkumpul untuk memprotes pendudukan Belanda.

Tak hanya mahasiswa, para dokter terkenal pada masa itu juga mendukung aksi protes mahasiswa kedokteran tersebut. Maka, hari raya kedokteran dimulai sebagai gerakan bela tanah air para anggota profesi kedokteran.

Hari dokter nasional juga merupakan sebuah hari penting yang umumnya dirayakan oleh organisasi-organisasi kesehatan untuk menghargai jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan kehidupan individual.

Dikutip dari Trthaber bahwa antara tahun 1929 dan 1937, 12 Mei diperingati sebagai Hari Pengobatan. Sejak tanggal ini diterima sebagai tanggal ketika kelas pengobatan Turki pertama dimulai di Yıldrım Darüşşifa di Bursa, Hari Pengobatan diadakan. Namun, praktik ini ditinggalkan seiring waktu dan menjadi Hari Pengobatan 14 Maret lagi.

Berita Terkait

Image

Keren! Upacara Peringatan Dirgahayu RI 77 Berlangsung di Salah Satu Universitas di Turki

Image

Diaspora dan PPI Turki Sukses Menggelar Festival Perdana Pasar Senggol

Image

SUKSES GELAR PASAR SENGGOL TURKI PPI TURKI KOLABORASI BERSAMA PPI DUNIA DAN BUMN

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image