Viral Soal Logo Halal, Bagaimana Sistem Halal di Turki?

News  
sumber: https://www.hak.gov.tr/

Bursa - Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan logo baru Halal yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggra Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan yang ditetapkan pada 10 Februari 2022.

Seiring dengan keramaian yang terjadi, masyarakat menjadi penasaran dengan berbagai logo Halal serta Badan Akreditasi Halal dari seluruh negara di dunia. Turki dengan presentasi jumlah muslim yang tinggi juga memiliki Badan Akreditasi Halal atau Helal Akreditasyon Kurumu (HAK).

HAK merupakan satu-satunya Lembaga yang berwenang untuk memberikan layanan akreditasi halal pada produk dalam negeri di Turki. Lembaga ini juga memberikan layanan akreditasi untuk produk luar negeri yang akan dipasarakan secara luas di Turki.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seluruh produk asing yang masuk ke Turki akan melalui proses standardisasi halal dan sistem sertifikasi sehingga dapat memberi kejelasan pada perbedaan produk dan penyelesaian hambatan dalam perdagangan internasional.

"Ketika kami mempertimbangkan permintaan global yang begitu penting, Turki juga harus menjadi pemimpin dalam bidang ini, tidak sekedar menjadi pengikut.” Jelas Rusar Pekcan selaku Menteri Perdagangan Republik Turki melalui website resmi Kementerian Perdagangan.

Standardisasi Halal yang digunakan oleh HAK mengikuti The Standarts dan Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) yang berada di bawah naungan Organisation of Islamic Cooperation (OIC).

Badan ini melaksanakan kerja sama diplomatik di bidang akreditasi Halal dan menandatanagani perjanjian bilateral atau multilateral di bidang tersebut. HAK juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran atas akreditasi Halal dan memberikan pelatihan untuk para calon dan pekerja yang akan mendalami bidang ini.

Selain itu, HAK juga memberikan fasilitas untuk melakukan penelitian, pemeriksaan, dan publikasi terkait serta fasilitas untuk menyelenggarakan seminar atau kongres nasional dan internasional yang membahas akreditasi Halal.

Kantor resmi badan yang terletak di ibukota Turki ini, memiliki berbagai platform untuk mendukung penyebaran informasi dan memudahkan masyarakat untuk mengakses pengetahuan terkait akreditas Halal di Turki.

Pada websitenya, HAK mencantumkan segala informasi seperti kalender kegiatan, pengumuman, hingga dokumen hasil seminar yang dapat diakses dan didapatkan oleh seluruh masyarakat.(Ahsanah Nur Amalia Amar)

Berita Terkait

Image

Keren! Upacara Peringatan Dirgahayu RI 77 Berlangsung di Salah Satu Universitas di Turki

Image

Diaspora dan PPI Turki Sukses Menggelar Festival Perdana Pasar Senggol

Image

SUKSES GELAR PASAR SENGGOL TURKI PPI TURKI KOLABORASI BERSAMA PPI DUNIA DAN BUMN

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image