Usung Gamelan Bali dan Tari Pendet, Pelajar Indonesia di Selandia Baru Jadi Bintang Budaya Indonesia

Kabar PPI  
Dokumentasi PPI Selandia Baru

Lincoln, 10 September 2023 – Pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Canterbury Selandia Baru bersama dengan University of Canterbury (UC) Gamelan menjadi salah satu bintang yang tampil dalam Selwyn Culture Fest, festival budaya tahunan di wilayah distrik Selwyn Selandia Baru yang menampilkan lebih dari 30 kebudayaan dan dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Penampilan gamelan dan tari pendet diawali dengan sambutan dari Liam Oliver selaku Koordinator UC Gamelan, dimana Liam menyampaikan apresiasi kepada pelajar Indonesia yang membuat penampilan hari ini menjadi semakin meriah.

It was a pleasure to perform today at Selwyn Culture Fest to so many people, with many perhaps hearing gamelan for the first time. We are very grateful to have members of the Indonesian Student Association to come to support us, especially those who joined us on stage to dance, really adding something special to this performance!”, ujar Liam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Senada dengan Liam, anggota UC Gamelan yang juga sedang menempuh studi PhD Taxation di UC Panggah Tri Wicaksono menambahkan bahwa bahwa gamelan merupakan sarana yang sangat menarik untuk mempromosikan budaya Indonesia melalui penampilan seni.

“Senang sekali atas banyaknya pelajar Indonesia yang bersemangat mempromosikan budaya Indonesia melalui di UC Gamelan tahun ini, UC Gamelan sangat terbuka untuk siapapun yang ingin belajar gamelan di Selandia Baru, khususnya para pelajar dan warga Indonesia di wilayah Canterbury”, tambah Panggah.

Dalam kesempatan ini, para pelajar Indonesia yang juga merupakan penerima beasiswa IISMA di University of Canterbury (IISMA UC) juga berkesempatan menjadi penari pendet maupun pemain gamelan. Alifia Sabila Putri selaku Student Representative IISMA UC menyatakan antusiasme atas keterlibatan mereka pada festival ini.

“Sangat bangga sekali bisa menjadi wakil Indonesia dalam festival internasional. Kesempatan ini memberikan kami perasaan pulang ke rumah dan mendekatkan kami dengan budaya Indonesia meskipun sedang berkuliah di luar negeri”, kata Alifia.

Keterlibatan aktif para pelajar Indonesia di wilayah Canterbury khususnya dalam festival ini tak lepas dari aktifnya kembali PPI di Canterbury Selandia Baru pasca masuknya kembali para pelajar Indonesia ke Selandia Baru di awal tahun 2023.

“Apresiasi pada seluruh pelajar Indonesia di Canterbury yang bahu membahu mempersembahkan salah satu kekayaan seni Indonesia kepada masyarakat Internasional. Persembahan ini merupakan bukti nyata semangat teman-teman pelajar dan komitmen PPI Canterbury untuk menguatkan peran pelajar sebagai agen budaya Indonesia di luar negeri”, tegas Nida Nafila Attamimi, selaku Koordinator Dewan Presidium PPI Canterbury.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image