LKMM-PD FH UNDIP 2023 hadiri 853 Mahasiswa Baru Demi Wujudkan Generasi Bestari

Edukasi  
BEM FH Universitas Diponegoro

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan bagi mahasiswa baru, yakni Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra-Dasar (LKMM-PD).

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dan tahun ini diselenggarakan pada tanggal 9-10 September tahun 2023. Melalui arahan Ketua BEM FH Undip 2023 Adry Adiananta dibawah Ketua Bidang PSDM Wildan Mahendra, LKMM-PD FH Undip 2023 hadir dengan tema Optimalisasi Potensi Diri demi Wujudkan Generasi Bestari.

LKMM-PD FH Undip turut membekali mahasiswa dengan keterampilan-keterampilan soft skills guna menunjang para mahasiswa baru agar dapat berdinamika di kampu dengan baik. Beberapa materi disajikan melalui kegiatan ini seperti Analisis Potensi Diri, Personal Branding, dan Personal Building, lalu Manajemen Emosi, Dasar-Dasar Komunikasi/Organisasi, dan lain sebagainya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak bagi mahasiswa baru terutama untuk lebih mengenal kampus dan menggali potensi diri masing-masing mahasiswa. Utamanya adalah agar mahasiswa FH Undip bisa mengisi bonus demografi dan mengambil peran aktif mewujudkan Indonesia Emas 2045" ujar Adry.

Salah satu materi yang menjadi sorotan adalah Analisa Potensi Diri, Personal Branding dan Personal Building. Materi tersebut menjadi sangat krusial dikarenakan kemampuan analisa potensi diri diperlukan guna membantu mahasiswa dalam menentukan arah gerak dalam mengembangkan kemampuan diri dalam kehidupan kampus di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Pemateri acara didominasi mahasiswa dan unsur BEM FH Undip. Namun, pada tahun ini, FH Undip menghadirkan pembicara yang memiliki pengalaman internasional yaitu Choirul Anam SE, ME, Ak, CA, Ph.D selaku Koordinator PPI Dunia tahun 2020-2021.

Anam menyampaikan materi dengan tajuk “Membentuk Bonus Demografi yang Unggul Untuk Berkontribusi Mewujudkan Indonesia Emas 2045” yang di moderatori oleh Pramudya Mozza Syahputra selaku Komisi Ahli Dinamika Kampus BEM FH Undip.

"Yang utama dari Bonus demografi adalah memanfaatkannya menjadi economic value added. Salah satu cara mahasiswa mengisi bonus demografi melalui pendidikan, optimalisasi teknologi, dan keunggulan inovasi para pemuda" ujar alumni Charles University, Praha.

Anam menambahkan mengenai strategi dalam mempersiapkan diri agar dapat melanjutkan studi di luar negeri guna mendobrak potensi di dalam diri mahasiswa. Kemampuan pemikiran open minded, literasi digital, time management, hingga kemampuan menulis karya ilmiah.

Anam mengungkapkan “Mahasiwa tidak boleh untuk mudah berpikir bahwasanya latar belakang finansial yang kurang, keadaan sosial yang sulit serta hambatan tertentu lainnya menjadi suatu penghambat mahasiwa untuk maju”. Selain itu, keyakinan dalam diri serta usaha menjadi faktor penentu dalam menempa seorang mahasiswa agar berhasil dalam mengarungi kehidupan ke depan.

Pembicara lainnya yang hadir antara lain Vivi Tri Mediani, Direktur Alsa LC Undip dan Salma Rofifah, Komisi Ahli Pergerakan BEM FH Undip. Acara tersebut ditutup pukul 16.00 WIB tanggal 10 September 2023.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image