Gubernur hingga Menteri Hadiri Konferensi Pelajar Indonesia di Inggris

News  
Dok. PPI UK

KABARTURKI, NOTTINGHAM - Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) menggelar Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang ke-21 pada 25-26 Agustus 2023 di University of Nottingham, Inggris.

Acara tahunan pelajar Indonesia di Inggris Raya tersebut mengusung tema “Rethinking Indonesia's Strategy to Recover and Grow”. Membahas sejumlah isu seperti transisi energi berkelanjutan, digitalisasi dan inovasi, serta rekonstruksi sosial dan kesehatan.

Dihadiri lebih dari 150 pelajar Indonesia secara luring dan 200 pelajar Indonesia secara daring dari seluruh belahan dunia. ISIC menghadirkan sejumlah pembicara nasional seperti menteri, gubernur, birokrat, akademisi, dan pegiat sektor privat untuk berdiskusi bersama dengan pelajar Indonesia dari jenjang S1 hingga doktoral.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua PPI UK Muhamad Affin Bahtiar menyampaikan kegiatan ISIC ditujukan sebagai wadah berbagi gagasan untuk pelajar Indonesia di UK dalam membangun Indonesia. “Ide dan gagasan konstruktif tentang Indonesia akan disampaikan langsung pada para pemangku kebijakan,” jelas Affin, 29 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Pemerhati Lingkungan Andhyta Firsellla Utami, Direktur BPJS Ali Ghufron Mukti, Anggota DPR RI Puteri Komaruddin.

Kemudian Asisten Professor di University of Nottingham Bagus Muljadi, Co-Founder dan Direktur Alloyed Ltd, Dr. Faudzan Adziman, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia London Farida Peranginangin, Chief of Administration, Bank Indonesia Representative Office, London, Rizki Maulidani, Recruitment Manager, Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum, CEO Equatorise Steven Marcellino, dan banyak lainnya.

Tema dan isu yang diangkat dalam ISIC didiskusikan dalam berbagai perspektif untuk menghadirkan diskusi yang komprehensif. “Pemangku kebijakan dan aktor multi sektor dihadirkan untuk saling berdialog dan mencari solusi bersama,” ujar Ketua Pelaksana ISIC-21 Revy Savitry, 29 Agustus.

Rangkaian kegiatan ISIC telah dilaksanakan sejak bulan Mei 2023 dengan berbagai kegiatan seperti festival ide, lomba poster, konferensi akademik, dan dialog tokoh. Sebelumnya, kegiatan ISIC dinobatkan sebagai Program Pendidikan Terbaik oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia se-dunia (PPI Dunia) dan menghantarkan PPI UK sebagai PPI Negara terbaik se-dunia.

Tentang The 21st ISIC PPI UK

Indonesian Scholar International Convention atau disingkat ISIC adalah acara tahunan Persatuan Pelajar Indonesia United Kingdom. Tahun ini, ISIC memasuki pelaksanaan yang ke dua puluh satu.

ISIC adalah wadah bagi mahasiswa Indonesia khususnya yang berada Inggris untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan membangun networking yang akan berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di masa depan.

Dari tujuan tersebut, ISIC ke-21 mempunyai misi untuk memberikan ruang bagi berbagai pemangku kepentingan mulai dari akademisi, pemerintah, bisnis, masyarakat, dan mahasiswa untuk mendiskusikan isu-isu strategis yang mendorong pengembangan Indonesia kedepannya.

Berkaca dari kondisi Indonesia saat ini yang telah berhasil melewati pandemic COVID-19 dan Bersiap menghadapi pertumbuhan lebih lanjut, ISIC ke-21 mengangkat topik “Rethinking Indonesia’s Strategy to Recover and Grow” sebagai tema acara. Dari tema tersebut dirumuskan tiga sub-tema yang akan menjadi fokus utama ISIC ke-21, antara lain Sustainable Transition, Digitalisation and Innovation, serta Health and Social Reconstruction.

Rangkaian acara ISIC ke-21 dimulai pada bulan Mei yang ditandai dengan soft launching oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Selanjutnya, rangkaian agenda ISIC diikuti dengan pelaksanaan lomba essay dan poster untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang ada di seluruh dunia. Pada bulan Juli yang lalu, telah dilaksanakan 2 kegiatan pre-event dan 1 kegiatan proyek sosial yang saat ini masih berlangsung hingga akhir Agustus. Acara puncak ISIC ke-21 diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus 2023 dengan dihadiri pembicara nasional.

Pada hari pertama puncak acara dilaksanakan secara virtual di mana acara dibuka langsung oleh Duta Besar Indonesia United Kingdom, Desra Percaya diikuti keynote speech oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno. Penyampaian materi dibagi dalam 3 sesi dengan menghadirkan sembilan pembicara dari berbagai bidang dan lintas instansi.

Acara puncak penyelenggaraan ISIC ke-21 dilanjutkan pada 26 Agustus 2023 yang bertempat di the University of Nottingham. Pada acara puncak ini, para pemenang kompetisi diundang untuk memaparkan hasil karyanya dan turut mengundang tiga pembicara dalam rangkaian agenda Festival of Ideas dan tiga pembicara dalam rangkaian Talk Session.

Acara puncak ISIC ke-21 semakin spesial dengan kehadiran dua figur penting dan populer, yaitu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Pada kesempatan ini, Gubernur Jawa Timur berkesempatan untuk menjadi pembicara pada talk show yang bertajuk “East Java as the Centre of Gravity of Indonesia,” sedangkan Menteri Sosial memberikan kuliah umum yang mengangkat tema “Poverty Alleviation and Transformation of Social Protection in Indonesia."

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image