Dankodiklatau Tutup Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke-85 di Lanud Adi Soemarmo

News  
Dokumentasi TNI AU

KABARTURKI, SUARAKARTA -- TNI AU menambah kekuatan 500 Personel Tamtama lulusan Sekolah Pertama Tamtama (Semata) PK TNI AU angkatan ke-85 yang hari ini dilantik oleh Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., selaku inspektur upacara dalam upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Penyumpahan Prajurit Siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-85, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Jumat (25/8/2023).

Dalam sambutannya, Dankodiklatau menyampaikan bahwa pendidikan Semata PK TNI AU yang baru saja ditempuh bertujuan untuk membentuk prajurit TNI AU yang memiliki sikap mental dan kepribadian, kemampuan, keterampilan demikian pula harus memiliki kesamaptaan jasmani dan karakter sesuai dengan peran dan golongan/strata kepangkatan yang dilandasi jiwa Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Lebih lanjut Dankodiklatau menekankan bahwa perubahan status para mantan siswa dari sipil menjadi militer atau berstatus sebagai prajurit TNI, mulai saat ini baik secara langsung maupun tidak langsung, para prajurit harus taat dan patuh terhadap semua peraturan, tata tertib dan aturan-aturan yang melekat dalam setiap diri prajurit TNI. "Saat ini saudara sudah terikat dengan aturan yang ketat dan saudara tidak dapat berbuat seenaknya yang melanggar hukum dan ketertiban serta melanggar norma-norma kehidupan dan jati diri seorang prajurit TNI", tegas Komandan Kodiklatau.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selanjutnya Dankodiklatau mengatakan bahwa setelah dilantik menjadi prajurit TNI Angkatan Udara dengan pangkat Prajurit Dua (Prada), kepada seluruh prajurit lulusan Semata PK TNI AU Angkatan ke-85 agar selalu mengasah dan meningkatkan kemampuan diri, pengetahuan dan keterampilan sehingga tumbuh menjadi seorang prajurit yang handal dan profesional.

Para mantan siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-85 ini menempuh pendidikan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 403 dibawah pimpinan Komandan Skadik 403 Letkol Kes Bakti Joko S., S.Pd., M.Or., dan terpilih sebagai siswa terbaik Prada Hironimus Ronaldo Milo Djawa dari Kupang. Selanjutnya, mereka akan mengikuti pendidikan kejuruan sesuai dengan korps masing-masing diantaranya korps teknik, elektronika, pembekalan, Pomau, Administrasi, khusus dan kesehatan.

Hadir pada upacara tersebut para pejabat Mabesau, para pejabat Kodiklatau, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, S.H., M.Han., Komandan Depohar 50, para pejabat Lanud Adi Soemarmo, pejabat Depohar 50,pejabat TNI-Polri Surakarta, Kepala SMA Pradita Dirgantara dan Ketua PPAU Cabang 05 Surakarta.

Usai upacara, ditampilkan demo ketangkasan yang dilaksanakan oleh para mantan prajurit siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-85 diantaranya senam senjata, bela diri militer, TKK dan yel-yel.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image