Sukseskan Pemilu 2024, PPLN Budapest Gencarkan Sosialisasi di Hongaria

Politik  
Ketua PPLN Budapest, Agung Wicaksono.

KABARTURKI, Budapest – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest sebagai penyelenggara Pemilu di Hongaria, telah mengambil langkah proaktif untuk mensosialisasikan Pemilu 2024 ke seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di berbagai penjuru Hongaria. Melalui sosialisasi yang komprehensif, PPLN Budapest berusaha memperkuat kesadaran akan pentingnya pemilu dalam konteks negara demokrasi, memperkenalkan tata cara pemilu, dan mengupas berbagai aspek relevan terkait pemilu.

Ketua PPLN Budapest, Agung Wicaksono, menegaskan bahwa setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Hongaria yang mencapai 1191 pemilih, PPLN Budapest menempatkan fokus utama pada peningkatan partisipasi pemilih di Hongaria. Sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab sebagai warga negara dalam menentukan arah masa depan negara melalui proses demokrasi yang jujur, bersih dan adil.

“Kami PPLN Budapest berusaha untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai Pemilu 2024 di Hongaria. Kami berusaha hadir langsung ke daerah-daerah untuk mendatangi WNI yang memiliki hak pilih untuk langsung berdiskusi tentang berbagai hal tentang pemilu. Mereka semua sangat antusias mendengarkan dan berdiskusi. Besar harapannya bahwa di hari pemilihan nanti mereka dapat menyalurkan suaranya,” kata Agung, yang juga merupakan Dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Islam Riau dan Mahasiswa Doktoral di Bidang Ilmu Politik, Corvinus University of Budapest.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sosialisasi telah dilakukan di berbagai kota di Hongaria, dengan target utama mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Hongaria, peserta mahasiswa vokasi dari kampus Indonesia yang tersebar di berbagai kota, serta pekerja migran Indonesia yang berada di Hongaria, yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahunnya. Sejumlah kota yang telah dikunjungi oleh PPLN Budapest dalam kampanye sosialisasi ini meliputi Budapest, Szeged, Nyiregyhaza, Nyirbator, Szarvas, dan Papa. Rencananya dalam waktu dekat, PPLN Budapest akan segera melanjutkan sosialisasi ke kota Bekescsaba, di mana juga banyak pekerja migran Indonesia berdomisili disana.

Dalam berbagai hal terkait dengan penyelenggaran berbagai tahapan Pemilu 2024 di Hongaria selalu di dukung penuh oleh KBRI Budapest. Pelaksana Fungsi Protokoler dan Konsuler KBRI Budapest, yang juga menjabat sebagai Sekretaris PPLN Budapest, Sherly Ponti Windarfi, menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara KBRI Budapest dan PPLN Budapest dalam upaya menyukseskan Pemilu 2024.

“KBRI Budapest dan PPLN Budapest harus bersinergi bersama untuk mensukseskan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan kurang lebih setengah tahun lagi,” ujar Sherly. PPLN Budapest berkomitmen untuk menyelenggarakan seluruh tahapan pemilu 2024 sesuai dengan arahan dan ketetapan yang dibuat oleh KPU RI.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image