Komite 2 DPD-RI Lakukan Studi Referensi Perikanan ke Czech University of Life Sciences Praha, Ceko.

News  
Kunjungan DPR RI ke Praha, Ceko.

Praha – Indonesia dan Republik Ceko memiliki banyak potensi kerjasama, baik dalam bidang riset, Pendidikan tinggi, pertanian, Perikanan, kebudayaan, dan pariwisata. Penjajakan dan studi referensi dalam rangka inventarisasi materi rancangan undang-undang tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan menjadi fokus utama saat Delegasi Komite 2 melakukan kunjungan ke salah satu Universitas Pertanian terbesar di Republik Ceko, Senin (20/3/2023).

Czech University of Life Sciences Prague melalui Department of Zoology and Fisheries, Faculty of Agrobiology Food and Natural Resources menjadi tuan rumah dari pertemuan ini. Dekan Faculty of Agrobiology, Food and Natural Resources Prof. Josef Soukup, Wakil Dekan untuk Hubungan Internasional Prof. Lenka Kouřimska, Wakil Dekan untuk Jaminan Mutu Prof Lukáš Kalous menyambut hangat kunjungan kerja delegasi Senator Indonesia.

Delegasi DPD-RI yang melakukan kunjungan kerja terdiri dari 18 anggota, diantaranya, Bustami Zainudin (Lampung), Lukky Semen (Sulawesi Tengah), Emma Yohanna (Sumatera Barat), Intsiawati Ayus (Riau), Herry Erfian (Bangka Belitung), Asep Hidayat (Jawa Barat), Denti Eka Widi Pratiwi (Jawa Tengah), GKR Hemas (D.I. Yogyakarta), Bambang Santoso (Bali), Angelius Wake Kako (NTT), Christiandy Sanjaya (Kalimantan Barat), Habib Hamid Abdullah (Kalimantan Selatan), Marthin Billa (Kalimantan Utara), Anna Latuconsina (Maluku), Agustin Teras Narang (Kalimantan Tengah), Ahmad Sukisman Azmy (NTB), Badikenita Br. Sitepu (Sumatera Utara), dan Andi M. Ihsan (Sulawesi Selatan).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lukky Semen selaku Ketua Delegasi menyampaikan harapan agar mendapatkan masukan dari pihak kampus terkait Pengelolaan Perikanan beserta praktik-praktinya, keterlibatan masyarakat, berbagai pengaturan terhadap pengelolaan perikanan dan konservasi, data dan informasi tentang perikanan, pengawasan, kerjasama internasional dan situasi terkini di sektor Perikanan.

“Kami mengharapkan masukan konkret dan aspirasi yang perlu menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan,” jelas Lukky.

Selain itu turut hadir doc. Ing. Jiří Patoka, Ph.D. Associate Professor di Department of Zoology and Fisheries yang menyampaikan beberapa masukan dan update terkait kerjasama yang selama ini terjalin antara Universitas di Republik Ceko dengan berbagai pihak di Indonesia terkait bidang Perikanan.

“Kami siap memberikan informasi dan masukan untuk menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan draft undang-undang tersebut, hal ini akan membantu menjaga keanekaragaman biota perairan di Indonesia, keberlanjutan ekosistem dan dampak ekonomi bagi masyarakat” ucap Jiří.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image